Penulis Utama : Titi Cahyanti
NIM / NIP : E3117121
×

Penulisan tugas akhir ini memaparkan hasil penelitian mengenai optimalisasi penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam rangka pemenuhan hak identitas anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengkaji, pertama hambatan dalam pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, dan kedua optimalisasi pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam rangka pemenuhan hak identitas anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Penulisan tugas akhir ini merupakan hasil penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Uraian dilengkapi dengan data primer hasil penelitian secara empiris dan data kepustakaan yang relevan dengan topik penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) masih ditemui beberapa hambatan. Hambatan tersebut meliputi manajemen sumber daya manusia sebagai pelaksana pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) belum optimal, manajemen sarana dan prasarana pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) kurang optimal, dan tingkat kesadaran penduduk untuk mengurus Kartu Identitas Anak (KIA)  belum optimal. Dalam rangka mengatasi hambatan tersebut perlu dilakukan upaya pengoptimalan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) sehingga terwujud pemenuhan hak identitas anak. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman dapat melakukan upaya optimalisasi pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan cara meningkatkan manajemen sumber daya manusia sebagai pelaksana pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), meningkatkan manajemen sarana dan prasarana dalam pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), dan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya kartu identitas anak dan pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kata Kunci: Optimalisasi, Kartu Identitas Anak (KIA), Hak Identitas Anak, Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman.

 

×
Penulis Utama : Titi Cahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E3117121
Tahun : 2021
Judul : Optimalisasi Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Dalam Rangka Pemenuhan Hak Identitas Anak (Studi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-E3117121
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Subekti, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.