Penulis Utama : Mufidatul Laila Mufassaroh
NIM / NIP : K7518050
×

Mufidatul Laila Mufassaroh. K7518050. PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN WIDODAREN KABUPATEN NGAWI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi, (2) persepsi pegawai dan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi, (3) faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik, (4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data meliputi peristiwa (pelaksanaan pelayanan publik), informan (Kepala Bagian dan Staff Pelayanan Umum dan masyarakat pengguna layanan), dan dokumen (arsip, foto, dan artikel tentang pelayanan publik). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kesahihan (validitas) data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. 
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi mengacu pada Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dengan memenuhi 3 syarat yaitu syarat substantif, syarat administratif, dan syarat teknis. Kedua, persepsi pegawai dan masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi yaitu terdapat 3 dimensi pelayanan publik yang belum terpenuhi dan belum sesuai dengan harapan masyarakat. Dimensi pertama yaitu Dimensi Tangible terkait indikator kenyamanan tempat, kemudahan akses bagi masyarakat, serta sarana dan prasarana yang tersedia. Dimensi kedua yaitu Dimensi Reliability terkait indikator keahlian pegawai dalam menggunakan alat bantu. Dimensi ketiga yaitu Dimensi Responsiviness terkait indikator ketepatan waktu dalam melayani masyarakat. Ketiga, pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi masih terdapat beberapa hambatan, yaitu kurangnya jumlah pegawai khususnya di bagian operator, pegawai pelayanan kurang cakap dalam mengoperasikan alat bantu layanan, terlambatnya jangka waktu pembuatan KTP, terbatasnya alat penunjang pelayanan, terbatasnya akses informasi terkait pelayanan, serta ruang pelayanan yang kurang nyaman bagi masyarakat. Keempat, Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi melakukan beberapa upaya yakni meminta bantuan pegawai dari bidang lain, membagi tugas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki   pegawai, melebihkan   tenggat waktu yang dijanjikan kepada masyarakat, menunggu anggaran dari pemerintah pusat untuk menambah alat-alat penunjang pelayanan, membuat akun media sosial Instagram dan Facebook, memberi antrian masuk kepada masyarakat yang datang.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kecamatan, Hambatan dan Upaya

×
Penulis Utama : Mufidatul Laila Mufassaroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7518050
Tahun : 2022
Judul : Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kecamatan, Hambatan dan Upaya
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
2. Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., P.hD
Penguji : 1. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si
2. Winarno, S.Kom., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.