Penulis Utama : Widhi Setyowati N F
NIM / NIP : B0115060
×

Widhi Setyowati Nur Fatimah. B0115060. 2022. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Antologi Cerkak Nyolong Pethek Karya Ary Nurdiana (Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas lmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah keterjalinan antar unsur struktural ketujuh cerkak karya Ary Nurdiana dalam antologi cerkak Nyolong Pethek menurut Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita, tema, sarana-sarana sastra, (2) bagaimanakah kepribadian tokoh utama tujuh cerita pendek dalam antologi cerita pendek Nyolong Pethek karya Ary Nurdiana, (3) konflik batin tokoh utama dan penyelesaian yang diberikan penulis dalam ketujuh cerita pendek Nyolong Pethek karya Ary Nurdiana. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterjalinan antar unsur struktural ketujuh cerita pendek karya Ary Nurdiana dalam antologi cerita pendek Nyolong Pethek menurut Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita, tema, sarana-sarana sastra, (2) memaparkan kepribadian tokoh utama tujuh cerita pendek dalam anttologi cerita pendek Nyolong Pethek karya Ary Nurdiana, (3) menjelaskan konflik batin tokoh utama dan penyelesaian yang diberikan penulis dalam ketujuh cerita pendek Nyolong Pethek karya Ary Nurdiana.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa unsur-unsur intrinsik, kepribadian tokoh utama, dan konflik batin tokoh utama. Sumber data berupa tulisan atau literer, yaitu buku antologi cerita pendek karya Ary Nurdiana berjudul Nyolong Pethek yang diterbitkan oleh Sembilan Mutiara Publishing Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian atas tujuh cerita pendek karya Ary Nurdiana dengan analisis struktural digunakan oleh peneliti untuk mengambil data literer. Data yang membangun unsur-unsur instrinsik struktur cerita pendek, sehingga melalui teknik analisis struktural akan didapat data kategoris yang berupa: fakta-fakta cerita, tema, sarana-sarana sastra. Teknik analisis data ragam data yang dikumpulkan adalah data-data yang terkait dengan analisis struktural, berupa fakta-fakta cerita, tema, sarana-saran sastra dari tiap-tiap cerita pendek. Sesuai dengan teori psikologi yang diterapkan dalam penelitian ini, maka data tersebut memiliki posisi sebegai instrument untuk menjadi data dasar yang diperoleh melalui sumber data tertulis atau literer.

Berdasarkan analisis data pada penelitian ini, dapat ditarik simpulan sebagai berikut. (1) ditinjau dari segi struktural ketujuh cerita pendek karya Ary Nurdiana dalam Nyolong Pethek yang disajikan secara utuh dan saling berkaitan antara satu dengan yang lain, sehingga membentuk satu keutuhan karya sastra. (2) unsur psikologi, analisis kepribadian tokoh utama ketujuh judul cerita pendek dalam antologi cerita pendek Nyolong Pethek karya Ary Nurdiana yang mempunyai tingkatan kepribadian kesadaran dan ketidaksadaran yang diikuti oleh tipe ekstrovert beserta fungsi rasional dan irasional pada ketujuh tokoh utama. (3) ditinjau dari konflik batin maka ketujuh cerita pendek karya Ary Nurdiana dalam Nyolong Pethek memiliki konflik sebagai berikut : konflik angguk-angguk, geleng-angguk, geleng-geleng.

×
Penulis Utama : Widhi Setyowati N F
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115060
Tahun : 2022
Judul : Konflik Batin Tokoh Utama dalam Antologi Cerkak Nyolong Pethek Karya Ary Nurdiana (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Psikologi Sastra, Antologi Cerkak Nyolong Pethek, Konflik Batin.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji : 1. Dr.Supana,M.Hum.
2. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
3. Dr. Prasetya Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.