Penulis Utama : Sabrina Galuh Kusuma
NIM / NIP : F3518054
×

Tujuan dari penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi komplain dan membandingkan Standard Operating Procedure (SOP) penanganan komplain  yang  dilakukan  PT  Penerbit  Erlangga  Surakarta  dengan implementasinya. Dengan adanya perbandingan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai kendala-kendala yang terjadi selama proses penanganan komplain berlangsung sehingga dapat dijadikan evaluasi bagi perusahaan.
Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif dengan menguraikan data yang dikumpulkan secara langsung.  Sumber data yang digunakan  adalah  data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak yang berinteraksi dengan pelanggan sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun website perusahaan.
Tugas  akhir  ini  membahas  secara  rinci  mengenai  evaluasi  Standard Operating Procedure (SOP) dalam upaya menangani komplain pelanggan di PT Penerbit Erlangga antara lain komplain yang dikeluhkan, yaitu kecacatan produk, keterlambatan pengiriman, dan ketidaksesuaian jumlah produk , faktor penyebab komplain,  Standard  Operating  Procedure  (SOP)  dalam  menangani  masing- masing komplain, serta evaluasi penerapan Standard Operating Procedure (SOP) masing-masing komplain. Dalam penerapan Standard Operating Procedure (SOP) terdapat  beberapa  prosedur  yang  tidak  dilakukan  sesuai  Standard  Operating Procedure (SOP) yang  ada seperti  sales tidak  cepat  tanggap dalam  merespon pelanggan,   group   leader   tidak   melakukan   cek   barang   di   gudang,   sales menyalahkan pelanggan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa Standard Operating Procedure yang tidak dilakukan oleh karyawan PT Penerbit Erlangga dan karyawan cenderung mencari alternatif lain dalam menangani komplain pelanggan. Oleh karena itu, diharapkan perusahaan memperbaiki dan memberikan pemahaman mengenai Standard Operating Procedure dalam menangani komplain sehingga tidak terjadi kesalahan yang dilakukan karyawan secara terus menerus.

Kata kunci: Standard Operating Procedure (SOP)

×
Penulis Utama : Sabrina Galuh Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3518054
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) Dalam Upaya Menangani Komplain di PT Penerbit Erlangga Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-F3518054
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti S.E.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.