Penulis Utama : Anka Agustivia Risaputri
NIM / NIP : K4217014
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) wujud, perubahan kategori dan makna bentukan nominalisasi yang terdapat pada teks berita dalam rubrik Wawasan Jroning Negara majalah Djaka Lodang; (2) relevansi antara pemahaman nominalisasi terhadap bahan ajar bahasa Jawa di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah data tulis berupa kata yang mengalami nominalisasi. Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa teks berita pada rubrik Wawasan Jroning Negara majalah Djaka Lodang yang terbit setiap hari Sabtu selama bulan Agustus sampai September 2020. Informan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X, guru mata pelajaran bahasa Jawa, dan seorang ahli bahasa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisa dokumen. Validitas data diperoleh menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif kualitatif teori Santosa. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (a) bentuk nominalisasi yang ada di dalam teks berita pada rubrik Wawasan Jroning Negara majalah Djaka Lodang adalah kata benda transposisi dari kata kerja yang menggunakan ater-ater {paN-}, panambang {-an}, imbuhan bebarengan {paN- -an}, dwipurwa
{DP + -an}, dwilingga {DL + an}, imbuhan bebarengan {ka- -an}, imbuhan bebarengan {paN- -e}. Kata benda transposisi dari kata sifat yang menggunakan imbuhan bebarengan {ka- -an}, imbuhan bebarengan {paN- -an}, imbuhan bebarengan {ka- -ane}, dwilingga {DL + -an}, ater-ater {pra-}. (b) analisis nominalisasi relevan dengan materi pawarta. Hal tersebut dikarenakan, semakin peserta didik memahami nominalisasi pada suatu kata maka kosakata yang dimiliki peserta didik akan bertambah dan mempermudah untuk menelaah teks berita. Sumber data berupa teks berita berbahasa Jawa pada rubrik Wawasan Jroning Negara majalah Djaka Lodang dapat dijadikan sebagai referensi bahan ajar karena memenuhi ciri-ciri bahan ajar yang baik.


Kata kunci: nominalisasi, Djaka Lodang, bahan ajar, teks pawarta.

 

×
Penulis Utama : Anka Agustivia Risaputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217014
Tahun : 2021
Judul : Analisis Nominalisasi pada Teks Berita Dalam Rubrik Wawasan Jroning Negara Majalah Djaka Lodang Serta Relevansinya Terhadap Bahan Ajar Bahasa Jawa Tingkat SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.