Penulis Utama : Sri Wahyuningsih
NIM / NIP : B0116057
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana struktur yang membangun novel Krimuning Dewi Ontang-anting karya Widyo Babahe Leksono berdasarkan teori Robert Stanton; (2) Bagaimana bentuk Skeptisisme Generasi Z yang terdapat pada novel Krimuning Dewi Ontang-anting karya Widyo Babahe Leksono; (3) Bagaimanakah relevansi Skeptisisme Generasi Z terhadap mitos dalam novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono dengan kehidupan Masyarakat Sekarang
Tujuan penelitian ini dengan, (1) Mendeskripsikan unsur struktural yang membangun novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono berdasarkan teori struktural Robert Stanton; (2) Mendeskripsikan bentuk Skeptisisme Generasi Z terhadap Mitos dalam novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono; (3) Mendeskripsikan Relevansi Skeptisisme Generasi Z terhadap mitos dalam novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono dalam Kehidupan Masyarakat Sekarang. Manfaat teoritis penelitian ini yaitu menambahkan wawasan serta memperkaya ilmu pengetahuan terutama pada bidang Sosiologi Sastra pada studi Sastra Daerah, sedangkan manfaat praktis penelitian yaitu sebagai tuntunan dalam penelitian lanjutan.
Bentuk penelitian ini yaitu penelitian Sastra bersifat deskritif kualitatif. Sumber data berasal dari novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono yang di terbitkan oleh Cipta Prima Nusantara pada tahun 2018 dengan jumlah halaman 230. Dan penelitian ini berupa unsur-unsur instrinsik yang menunjukan aspek Skeptisisme Generasi Z pada mitos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif.
Hasil analisis dari penelitian ini adalah: (1) unsur Struktural yang terdapat dalam novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono menunjukan kesatuan yang era tantara unsur satu dengan yang lainnya; (2) ditinjau dari bentuk skeptisisme novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono mengungkapkan bentuk-bentuk skeprisisme generasi Z; (3) berdasarkan Relevansi Skeptisisme Generasi Z terhadap mitos dalam novel Krimuning Dewi Ontang-Anting karya Widyo Babahe Leksono dengan kehidupan Masyarakat Sekarang menurut teori Alan Swingwood.

Kata kunci: novel Krimuning Dewi Ontang-Anting, Sosiologi Sastra, Relevansi Generasi Z pada masa sekarang.

 

×
Penulis Utama : Sri Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116057
Tahun : 2021
Judul : Skeptisisme Generasi Z Terhadap Mitos Dalam Novel Krimuning Dewi Ontang-Anting Karya Widyo Babahe Leksono (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0116057
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.