Penulis Utama : Deyana Dwi Rohyani
NIM / NIP : D1618008
×

Kuliah Kerja Media (KKM) adalah kegiatan yang setara dengan magang yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa D3 Komu nikasi Terapan yang menempuh semester 6. KKM dilaksanakan guna memperoleh gelar A.Md yang penulis laksanakan di PT. Aksara Solopos dan berlangsung pada 11 Januari – 5 Maret 2021. PT. Aksara Solopos merupakan salah satu perusahaan penerbitan yang ada di Kota Solo. PT. Aksara Solopos aktif melakukan kegiatan CSR sehingga penulis memandang bahwa PT. Aksara Solopos merupakan perusahaan yang memahami pentingnya peran public relations khusunya dibidang Corporate Social Responsibility (CSR).
Public relations adalah fungsi manajemen secara khusus yang mendukung terbentuknya saling pengertian dalam komunikasi, pemahaman, penerimaan dan kerja sama antara organisasi dengan berbagai publiknya. Berhubungan dengan perannya, Public relations memiliki program-program yang direncanakan dan di implementasikan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yaitu menjaga citra perusahaan dan menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Salah satu program public relations adalah Corporate Social Responsibility (CSR).
Corporate Responsbility Social adalah tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan, melalui perilaku yang transparan dan etis, yang; konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat; memperhatikan kepentingan dari para stakeholder, sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan norma-norma internasional; terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi, dalam pengertian ini meliputi baik kegiatan, produk maupun jasa.
Sebagai perusahaan penerbitan, PT. Aksara Solopos aktif menyelenggarakan kegiatan tanggung jawab sosial khusunya dibidang jurnalistik. Selain itu PT. Aksara Solopos banyak menyelenggarakan kegiatan pelatihan, diskusi dan workshop jurnalistik yang di kelola oleh salah satu unitnya yaitu Solopos Institute.
Dalam menyelenggarakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR, PT. Aksara Solopos harus memastikan bahwa pesan atau maksud yang ingin disampaikan perusahaan, diterima dengan baik oleh publik sasaran. Maka perlu adanya sebuah strategi komunikasi yang disusun dan direncanakan utuk melancarkan proses komunikasi dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).
Selama menjalani kegiatan KKM penulis memahami peran Peran public relations PT. Aksara Solopos adalah menjadi communication facilitator dan technician facilitator yaitu menjadi jembatan komunikasi perusahaan dengan publiknya serta menjadi pelaksana program komunikasi perusahaan. Program CSR yang dijalankan oleh PT. Aksara Solopos termasuk dalam jenis program Cause Promotions dan Program Corporate Social Marketing, yaitu program kampanye yang dijalankan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat serta memberikan sumbangan dana untuk pengembangan program pada sasaran program.
Public relations PT. Aksara Solopos juga berperan dalam menyusun, merencanakan dan melaksanakan strategi komunikasi untuk program Corporate Social Responsibility (CSR). Strategi komunikasi bertujuan agar pesan dapat sampai kepada publik sasaran dengan baik. penulis menyimpulkan bahwa peran yang dijalankan oleh public relations PT. Aksara Solopos cukup strategis karena penerapan dari strategi komunikasi untuk program CSR perusahaan berhasil sesuai indikator-indikator tujuan yang perlu dicapai oleh perusahaan. Dalam pelaksanaan progam CSR, tentunya terdapat hambatan-hambatan baik dalam proses penyampaian pesan maupun hambatan secara teknis. Namun hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan melakukan penyesuaian strategi komunikasi.

Kata kunci : Public Relations, CSR, Strategi Komunikasi

 

×
Penulis Utama : Deyana Dwi Rohyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1618008
Tahun : 2021
Judul : Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Aksara Solopos
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1618008
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Novita Haryono, S.Sos., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.