Penulis Utama : Erina Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918017
Tahun : 2022
Judul : Perancangan Batik Tulis Dengan Sumber Ide Monumen Tri Dharma Girilayu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra dan Seni Rupa - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Monumen Tri Dharma terletak di diperbukitankawasan Astana Mangadeg Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Monumen Tri Dharmamerupakan Tugu Perjuangan Pangeran Sambernyowo (RM Said), berada satu lokasi dengan makam Beliau yaitu di Astana Mangadeg, yang menjadi ikon daerah Girilayu. Girilayu sudah terkenal dengan kerajinan batik tulisnya sejak zaman Praja Mangkunegaran. Mon Tri Dharma telah dijadikan sumber ide perancangan motif batik di Girilayu oleh bapak Nyoto Soemardjan. Batik Tri Dharma tersebut wujud visual motifnya masih sederhana dan karena batik ini menjadi ikon Girilayu maka perlu diberikan sentuhan kebaruan agar konsumen lebih menyukainya. 

Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhirini adalah metode penciptaan Gustami terdiri dari tiga tahap penciptaan seni kriya yaitu eksplorasi,perancangan dan perwujudan. 

Perancangan ini menghasilkan visual desain motifbatik Tri Dharma dengan nuansa berbeda ,mengangkat motif utama monumen Tri Dharma dengan pengoalahan motif yang lebih modern namun tidak meninggalkan kesan filosofi dari motif tersebutserta motif pendukungnya berkarakter biomorphic yang memiliki karakter bentuk tak beraturan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra.Tiwi Bina Affanti,M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa