Penulis Utama : Nadia Syahbani
NIM / NIP : B3219041
×

Pandemi covid-19 yang melanda negara Indonesia, memberikan dampak yang cukup signifikan  bagi sektor pariwisata. Event Organizer yang termasuk dalam komponen sektor dunia MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) pada bidang industri pariwisata sangat merasakan dampaknya. Banyaknya penundaan acara hingga pembatalan acara yang merugikan para penyelenggara jasa (EO).

Era new normalhybrid event ramai diperbincangkan dan diselenggarakan, berbagai macam kegiatan seperti webinar, seminar, talkshow, konser musik, pelatihan hingga pengenalan produk. Penyesuaian konsep hybrid ini menjadi strategi yang dimanfaatkan oleh Passion Event Organizer untuk tetap menyelenggarakan acara  melalui project event Micro Business Game (MGB) dari Bank Jateng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Penyelenggaraan Hybrid Event Micro Business Game (MGB) Oleh Passion Event Organizer di Kota Surakarta.

Guna mencapai tujuan dari penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitaif dalam melakukan penelitian. Penulis dalam mengumpulkan data dengan metode observasi, wawancara, studi dokumen dan studi Pustaka. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan hasil observasi, wawancara dan studi pustaka yang telah dilakukan sebelumnya.

Hasil penelitian ini membahas tentang Penyelenggaraan Hybrid Event Micro Business Game (MGB) Oleh Passion Event Organizer. Proses tersebut meliputi pra-eventevent (pelaksanaan)  hingga pasca-event. Event ini diadakan dengan metode hybrid, yang dilaksanakan dalam waktu bersamaan antara online maupun offline. Adapun kendala yang dihadapi oleh Passion Event Organizer pada saat proses penyelenggaraan seperti halnya, koneksi jaringan internet dan perbedaan geografis, tim Passion EO membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi serta berkoordinasi dengan vendor lain, susunan acara yang monoton dan kurangnya penguasaan skill teknologi pada   Passion Event Organizer.

Kesimpulan dari penelitian yaitu Penyelenggaraan Hybrid Event Micro Business Game (MGB) Oleh Passion Event Organizer mampu diselenggarakan dengan cukup baik meskipun terdapat beberapa  kendala pada saat pelaksanaannya, namun Passion Event Organizer dapat mengatasi dan memberikan upaya solusi agar event tetep berlangsung dan berjalan sesuai dengan rencana.

×
Penulis Utama : Nadia Syahbani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3219041
Tahun : 2022
Judul : PENYELENGGARAAN HYBRID EVENT MICRO BUSINESS GAME (MGB) OLEH PASSION EVENT ORGANIZER DI KOTA SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Kota Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penyelenggaraan, Hybrid Event, Micro Business Game, Passion Event Organizer
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Penguji : 1. Dra. Isnaini W.W, M.Pd.
2. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.