Penulis Utama : Febriyan Fitra Al Havist
NIM / NIP : F1119032
×

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting dalam melakukan analisis terhadap perkembangan perekonomian suatu negara atau daerah. Perekonomian suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan apabila produksi barang dan jasa dalam daerah tersebut mengalami kenaikan dari periode sebelumnya, sehingga akan meningkatkan tambahan pendapatan bagi suatu daerah dan mensejahterakan masyarakat. Dengan demikian, hal ini menunjukkan perekonomian di daerah tersebut berkembang dengan baik. Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di suatu daerah dapat dilihat dari laju Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang ada di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Karesidenan Madiun, (2) pengaruh tingkat laju inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Karesidenan Madiun, dan (3) pengaruh pengeluaran pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Karesidenan Madiun.
Analisis dilakukan dengan metode regresi data panel dengan Random Effect Model (REM) menggunakan Eviews 9. Jenis data yang digunakan adalah data panel di wilayah Karesidenan Madiun dengan kurun waktu selama 10 tahun yaitu tahun 2011 – 2020. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di wilayah Karesidenan Madiun. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, inflasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Pemerintah di Karesidenan Madiun diharapkan dapat meningkatkan realisasi investasi baik dalam negeri maupun asing dengan cara mempermudah perizinan agar investor masuk meningkat, (2) dapat melakukan pengendalian inflasi agar tidak terjadi kenaikan harga secara berkelanjutan, dan (3) dapat mengalokasikan pengeluaran belanja daerah yang nyata untuk kepentingan publik agar dapat memberikan efek yang positif untuk pertumbuhan ekonomi di Karesidenan Madiun.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, Inflasi, Pengeluaran Pemerintah

 

×
Penulis Utama : Febriyan Fitra Al Havist
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1119032
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pengaruh Investasi, Inflasi, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Karesidenan Madiun Tahun 2011 – 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2021
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-F1119032
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati, S.E., M.Ec., Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.