Penulis Utama : Khori Yuniar Pratiwi
NIM / NIP : C0918029
×

Khori Yuniar Pratiwi, C0918029, 2022. Tanaman Ketul (Bidens pilosa) dan Cacabean (Ludwigia octavalvis) sebagai Pewarna Alami dengan Teknik Ecoprint dan Ikat Celup untuk Outer. Tugas Akhir: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Perancangan karya Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tanaman gulma yang tumbuh di area persawahan, namun belum banyak yang mengetahui potensi besar yang dimiliki oleh tanaman ini untuk dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Pemanfaatan gulma selaim dikembangkan menjadi salah satu alternatif pewarna alam, dapat juga dijadikan sebagai bahan baku pada teknik ecoprint untuk mencetak motif. Daun yang biasa digunakan pada teknik ecoprint cenderung memiliki kandungan tanin yang tinggi, namun beberapa daun memiliki kadar tanin rendah yang menjadikannya tidak mudah untuk tercetak pada kain sehingga warna yang dihasilkan tidak secerah daun bertanin tinggi, atau hanya meninggalkan jejak daun yang unik. Karena itulah penulis ingin merancang suatu karya dari ecoprint yang pewarnaannya diambil dari tanaman gulma, dan penataan daunnya dilakukan untuk membentuk suatu motif/bentuk tertentu.

Metode yang digunakan dalam perancangan karya ini adalah metode penciptaan oleh Gustami yang meliputi 3 tahap tahap eksplorasi, tahap perancangan, dan tahap perwujudan). Penulis melakukan tahap eksplorasi dengan mengamati karakteristik tanaman gulma yang tumbuh di area persawahan, melakukan uji coba untuk mengetahui tanaman yang memiliki potensi sebagai pewarna alam. Tahap perancangan dilakukan dengan pengembangan gagasan dan desain, kemudian desain yang terpilih masuk pada tahap perwujudan untuk direalisasikan pada proses produksi.

Permasalahan pada perancangan karya ini adalah bagaimana merancang outer dengan menggunakan pewarna alami dari tanaman gulma dengan teknik ecoprint dan ikat celup. Produk yang dihasilkan dari perancangan ini adalah outer yang dibuat dengan teknik ecoprint dan dipadukan dengan teknik ikat celup. Pewarnanya dibuat dari tanaman ketul dan motifnya dihasilkan dari penyusunan tanaman cacabean sesuai dengan desain yang telah dibuat. 

×
Penulis Utama : Khori Yuniar Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918029
Tahun : 2022
Judul : Tanaman Ketul (Bidens pilosa) dan Cacabean (Ludwigia octavalvis) sebagai Pewarna Alami dengan Teknik Ecoprint dan Ikat Celup untuk Outer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Seni Rupa dan Desain - 2022
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Gulma, Pewarna Alam, Ecoprint, Motif, Outer
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Apika Nurani Sulistyati. S.Sn, M.Sn
Penguji : 1. Setyawan, S.Sn., M.A.
2. Dr. Rum Handayani, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.