Penulis Utama : Ashifatul Jannah
NIM / NIP : K3117013
×

Psychological well-being (PWB) adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh para professional helper, termasuk di dalamnya guru BK. Seorang guru BK dengan PWB yang tinggi mampu menyeimbangkan kondisi mereka baik sebagai guru BK maupun individu sehingga dapat meminimalisir stres kerja. Oleh sebab itu, perlu alat ukur yang cocok untuk digunakan guru BK dalam mengukur tingkat PWB pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian Ryff’s Scale of Psychological Well-Being (RPWB) versi adaptasi Engger (2015) sebagai alat ukur pada guru BK SMP dan SMA di wilayah Solo Raya.
Penelitian ini melakukan penyesuaian dari sisi kebahasaan dan kebudayaan. Mixed-method digunakan sebagai metode dengan sequential explanatory design (Model Urutan Pembuktian) yang dilakukan secara bertahap. Diawali dengan pengumpulan data secara kuantitatif (kuantitatif deskriptif) lalu dilanjutkan pengumpulan data secara kualitatif guna membantu analisis data yang diperoleh secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 98 orang responden yang memilih STS: 188, TS: 655, S: 4.360, SS: 3.029. Rata-rata Tingkat Capaian Responden (TCR) Bahasa adalah 81 yang berarti masuk dalam kategori Sangat Layak. Di samping itu, pada tabel Budaya, dari 98 orang responden yang memilih STS: 119, TS: 1.099, S: 4.713, SS: 2.301. Rata-rata TCR Budaya adalah 77,9 yang berarti masuk dalam kategori Sangat Layak. Selain itu, hasil pengumpulan data kualitatif (wawancara) mendukung jawaban data kuantitatif. Setelah menganalisis data kualitatif dan kuantitatif pada penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa RPWB versi adaptasi Engger (2015) cocok digunakan pada guru BK di wilayah Solo Raya meskipun memerlukan perbaikan dalam pilihan kata dalam instrumennya. Oleh sebab itu, penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi peneliti- peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian terkait psychological well- being dengan subjek guru BK. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini pada wilayah atau kelompok lain dengan menggunakan adaptasi berupa uji validitas dan reliabilitas yang memadai pada wilayah atau kelompok yang dimaksud.

Kata Kunci: Guru BK, Psychological Well-Being, Ryff’s Scale of Psychological Well-Being.

 

×
Penulis Utama : Ashifatul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117013
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Alat Ukur Ryff’s Scale of Psychological Well-Being Versi Adaptasi Engger pada Guru BK SMP dan SMA Sederajat di Wilayah Solo Raya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3117013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, S. Pd., M. Pd.
2. Rian Rokhmad Hidayat, S. Pd., M. Pd..
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.