Penulis Utama : Melynda Enggi Rahmawati
NIM / NIP : M3118052
×

Pendataan peserta didik dan guru berprestasi merupakan salah satu hal yang   penting   untuk   sebuah   instansi   terutama   untuk   Dinas   Pendidikan. Dikarenakan pendataan tersebut dapat mempermudah instansi tersebut dalam mengelola   data.   Tentu   instansi   pendidikan   harus   mempunyai   manajemen pendataan yang baik dan tepat. Supaya Pendataan peserta didik dan guru berprestasi dapat terkelola dengan baik dan tepat. Yang tidak kalah pentingnya di sebuah instansi Dinas Pendidikan Kota Surakarta ini yaitu adanya Legalisir Sertifikat Berprestasi untuk peserta didik. Legalisir ini nantinya akan digunakan untuk mendaftarkan sekolah dengan mendapatkan nilai tambahan sesuai dengan peringkat yang sudah diperoleh ke jenjang selanjutnya.
Walaupun harus mengelola pendataan dengan baik, nyatanya belum semua instansi dapat berlaku bijak dalam mengelola data. Seperti melakukan pendataan yang dilakukan secara manual. Dalam perekapan manual, tingkat kesalahan akan jauh lebih besar. Permasalahan selanjutnya yaitu legalisir sertifikat berprestasi yang dilakukan oleh peserta didik untuk mendapatkan nilai tambahan yang berfungsi untuk mendaftar sekolah pada jenjang selanjutnya.
Namun,   seiring   berkembangnya   jaman   dan   teknologi   permasalahan tersebut semakin berkurang. Sudah banyak instansi-instansi yang memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat urusan mereka dengan penggunaan sebuah website atau system informasi. Instansi maupun sekolah dapat juga bertransaksi melalui sistem atau website tanpa harus bertatap muka. Untuk mengelola  data  biasanya  menggunakan  sistem  pendataan,  sedangkan  untuk legalisir sertifikat berprestasi menggunakan sistem pengajuan.
Berdasarkan teknologi yang ada, pengajuan dan pendataan peserat didik dan guru berprestasi dapat dilakukan secara online. Dengan begitu dapat mempermudah dalam melakukan pendataan dan pengajuan legalisir. Dengan adanya  suatu  sistem  yang  dapat  membantu  pihak  instansi  dan  sekolah  dalam pendataan  dan  pengajuan  legalisir  dengam  mudah  dan  cepat  melalui  website secara online.

Kata kunci : pendataan, legalisir, online, website

 

×
Penulis Utama : Melynda Enggi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3118052
Tahun : 2021
Judul : Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Pendataan Peserta Didik dan Guru Berprestasi Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-M3118052
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Firdaus, S.Kom., M.Info.Tech.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.