Penulis Utama : Lutfi Anggoro Asih
NIM / NIP : K1218037
×

Lutfi Anggoro Asih. NIM K1218037. ANALISIS WACANA POSTER DIALOG EDUKASI COVID-19 DALAM INSTAGRAM KEMENTERIAN KESEHATAN SERTA KEBERMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DI SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) aspek wacana tekstual pada poster dialog edukasi Covid-19 dalam akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; (2) aspek wacana kontekstual pada poster dialog edukasi Covid-19 dalam akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; dan (3) kebermanfaatan analisis wacana tekstual dan kontekstual pada poster dialog edukasi sebagai media pembelajaran menulis teks persuasi di SMP.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa dokumen yaitu enam poster dialog edukasi Covid-19 dalam unggahan akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (@kemenkes_ri) dan sumber data wawancara berupa informan yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP. Data dalam penelitian ini berupa tulisan pada poster dialog edukasi dan hasil wawancara terkait pemanfaatan sebagai media pembelajaran menulis teks persuasi di SMP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis mengalir.

Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. Pertama, analisis wacana tekstual pada aspek gramatikal didominasi bentuk pengacuan sebanyak 51%. Pengacuan mendominasi dalam aspek gramatikal karena setiap tuturan atau kalimat tidak lepas dari acuan yang mendahului atau mengikutinya. Sementara itu, pada aspek leksikal didominasi bentuk repetisi sebanyak 67%. Repetisi mendominasi karena digunakan untuk mempertegas maksud yang ingin disampaikan oleh penutur khususnya untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Covid-19. Kedua, analisis wacana kontekstual didominasi prinsip penafsiran personal dan prinsip analogi yang masing-masing sebanyak 33%. Prinsip penafsiran personal menjadi bagian yang mendominasi karena dalam setiap poster dialog edukasi Covid-19 terdapat tokoh yang menjadi penutur dalam lawan tutur yang akan menentukan makna dalam sebuah tuturan. Sementara itu, prinsip analogi menjadi bagian yang mendominasi karena digunakan sebagai dasar untuk memahami maksud dalam sebuah tuturan. Ketiga, poster dialog edukasi Covid-19 yang diunggah oleh akun Instagram Kementerian Kesehatan dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis teks persuasi yang relevan dan inovatif karena teks persuasi disajikan dalam bentuk yang berbeda dan menarik.

×
Penulis Utama : Lutfi Anggoro Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218037
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS WACANA POSTER DIALOG EDUKASI COVID-19 DALAM INSTAGRAM KEMENTERIAN KESEHATAN SERTA KEBERMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI DI SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : analisis wacana tekstual dan kontekstual, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Covid-19, teks persuasi
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Ari Suryawati Secio Chaesar S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.