Penulis Utama : Lulun Safira Nurzilla
NIM / NIP : K1218035
×

Lulun Safira Nurzilla. EUFEMISME DAN DISFEMISME DALAM BERITA SEXUAL HARASSMENT DI PORTAL MEDIA ONLINE DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) bentuk-bentuk eufemisme dan disfemisme pada berita sexual harassment di portal media online; (2) bentuk seksisme bahasa dalam disfemisme pada berita sexual harassment di portal media online; (3) relevansi eufemisme dan disfemisme pada berita sexual harassment di portal media online pada pembelajaran teks berita di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi analisis isi pada hasil wawancara dan dokumen. Sumber data penelitian berupa dokumen, yaitu artikel berita sexual harassment di portal media online. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Guna menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik mengalir Milles and Huberman.

            Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dengan menggunakan teknik tersebut serta analisis data yang dilakukan peneliti tentang eufemisme dan disfemisme dalam berita sexual harassment di portal media online  diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) ditemukan 84 data eufemisme, yakni penggunaan singkatan, penggunaan kata serapan, penggunaan istilah asing, metafora, perifrasis, flipansi, satu kata untuk menggantikan kata yang lain, dan umum ke khusus. Selain itu ditemukan 33 data disfemisme, yakni menyatakan hal tabu, tidak senonoh, asusila; menunjukkan rasa tidak suka atau tidak setuju terhadap seseorang atau sesuatu; menggambarkan sesuatu hal yang negatif; mengumpat atau memaki; melebih-lebihkan sesuatu; menunjukkan sesuatu hal yang bernilai rendah; (2) terdapat 2 bentuk seksisme dalam 33 data disfemisme yang dianalisis menggunakan penanda seksisme bahasa, yaitu derogasi semantik dan seksisme dalam wacana; (3) eufemisme dan disfemisme penting untuk dipelajari serta relevan digunakan sebagai materi ajar teks berita di SMP kelas VIII.

×
Penulis Utama : Lulun Safira Nurzilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218035
Tahun : 2022
Judul : Eufemisme dan Disfemisme pada Berita Sexual Harassment di Portal Media Online dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : eufemisme, disfemisme, seksisme bahasa, teks berita, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.