Penulis Utama : Azzahra Nurhidayati Ni`mah
NIM / NIP : K1218014
×

Azzahra Nurhidayati Ni’mah. K1218014. ASPEK MAKNA METAFUNGSIONAL DAN UNSUR PEMBANGUN CERITA DALAM KOMIK BURUNG SURGA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA LITERASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) aspek makna metafungsional pada komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk., (2) unsur pembangun cerita dalam komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk., dan (3) pemanfaatan komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk., sebagai media literasi penguatan pendidikan karakter di SMP.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu dokumen dan informan. Penelitian ini menggunakan hasil analisis komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk. sebagai data. Data penelitian ini juga diperoleh melalui hasil wawancara dari informan yang meliputi guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara. Triangulasi teori dan sumber adalah teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan model interaktif mengalir.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat aspek makna metafungsional meliputi makna interpersonal, makna ideasional, dan makna tekstual pada komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk., (2) terdapat unsur pembangun cerita dalam komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk. yang lengkap dan saling berkaitan, meliputi tema petualangan, alur maju, tokoh utama protagonis yaitu Kaka, latar tempat pulau Papua, latar waktu di hari petualangan, latar sosial-budaya suku Asmat, sudut pandang orang ketiga serba tahu, gaya bahasa lugas dan mudah dipahami, serta amanat untuk berserah diri, semangat belajar, bertanggung jawab, tolong menolong, dan cinta tanah air, (3) komik Burung Surga karya Sony Baroo Amirulloh, dkk. dapat dimanfaatkan sebagai media literasi penguatan pen­didikan karakter di SMP sebagai bahan bacaan pada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk penunjang penanaman kebiasaan baik di sekolah, dengan muatan nilai bertaqwa, kreatif, berwawasan jauh ke depan, hormat, ramah, peduli, pengendalian diri, dinamis, inisiatif, santun, sopan, dan tahu berterima kasih.

×
Penulis Utama : Azzahra Nurhidayati Ni`mah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1218014
Tahun : 2022
Judul : Aspek Makna Metafungsional dan Unsur Pembangun Cerita dalam Komik Burung Surga serta Pemanfaatannya sebagai Media Literasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : aspek makna metafungsional, unsur pembangun cerita, media literasi, nilai pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/author/submission/52048
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Titi Setiyoningsih, S.Pd., M.Pd.
3. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.