Penulis Utama : Annisak Shalihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0416008
Tahun : 2021
Judul : Perkembangan Asuransi Jiwa Nederlandsch Indische Levensverzekering En-Lijfrente Maatschappij Tahun 1859-1908
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0416008
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika industri asuransi di Hindia Belanda, perkembangan omset, aset, dan nasabah dari Nederlandsch Indische Levensverzekering en-Lijfrente Maatschappij dari tahun 1859 hingga 1908, dan tanggapan masyarakat Hindia Belanda terhadap Nederlandsch Indische Levensverzekering en-Lijfrente Maatschappij.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat tahap, pertama adalah heuristik yang merupakan langkah awal dalam pencarian sumber data, kedua adalah kritik sumber yang bertujuan untuk mencari keakuratan data, ketiga adalah interpretasi yang merupakan proses penafsiran dari data yang telah diseleksi untuk membangun fakta, keempat adalah historiografi yang merupakan penulisan dari hasil interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri asuransi di Hindia Belanda dimulai pada tahun 1830, seiring dengan kebutuhan asuransi pengangkutan laut dan darat di era Cultuurstelsel. Industri asuransi mulai berkembang pesat, hingga pada tahun 1859 Nederlandsch Indische Levensverzekering en-Lijfrente Maatschappij berdiri sebagai asuransi jiwa pertama di Hindia Belanda. Minat masyarakat Hindia Belanda untuk melakukan kontrak asuransi jiwa cukup tinggi, dilihat dari omset serta aset NILLMIJ yang terus bertambah. Sejak 1859 hingga 1908 pertambahan nilai omset cenderung stabil dan sempat mengalami penurunan di periode 1870-1874 dan 1885-1889, sedangkan pertambahan omset tertinggi terjadi pada periode 1895-1899 dan 1905-1908. Pertambahan aset NILLMIJ juga cenderung stabil dan sempat mengalami penurunan di periode 1885-1889, sedangkan pertambahan aset tertinggi terjadi pada periode 1895-1899. Adapun nasabah asuransi terdiri dari berbagai kalangan meliputi orang Eropa, Cina, serta pribumi, baik laki-laki maupun perempuan. Namun orang Eropa yang berprofesi sebagai ambtenaar dan serdadu militer merupakan mayoritas tertanggung karena golongan ini merupakan sasaran utama perusahaan, selain itu pemerintah juga memberikan rekomendasi langsung kepada dua golongan tersebut untuk mendaftar di NILLMIJ guna menambahkan jaminan hari tua mereka di luar dana pensiun yang diberikan pemerintah.

Kata kunci: NILLMIJ, Industri, Asuransi Jiwa, Minat Masyarakat, Hindia Belanda

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya