Penulis Utama : Putri Siti Awaliyah
NIM / NIP : H0818083
×

Kabupaten Bandung merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Namun, kontribusi dan laju pertumbuhannya cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Adanya pandemi Covid-19 telah mengubah struktur perekonomian Kabupaten Bandung. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan diprediksi menjadi sektor penyangga perekonomian selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan, perubahan peranan serta klasifikasi sektor, komponen pertumbuhan sektor, potensi sektor dilihat dari model rasio pertumbuhan, serta peran sektor dilihat dari angka pengganda pendapatan di Kabupaten Bandung sebelum dan selama pandemi Covid-19.
Metode dasar penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan mixed methods. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja di Kabupaten Bandung. Data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa data PDRB Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat tahun 2016-2021. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Location Quotient (LQ), delta LQ, shift share analysis, Model Rasio Pertumbuhan (MRP), dan angka pengganda pendapatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bandung merupakan sektor non basis dan termasuk kategori emerging baik sebelum pandemi maupun selama pandemi Covid-19. Hasil shift share analysis sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa nilai komponen national growth sebelum dan selama pandemi Covid-19 bernilai positif, sementara nilai komponen industrial mix bernilai negatif pada saat sebelum pandemi dan selama pandemi Covid-19, untuk komponen competitive share memiliki nilai yang positif pada saat sebelum pandemi tetapi menjadi negatif selama pandemi Covid-19. Jika dilihat dari model rasio pertumbuhan, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bandung merupakan sektor yang potensial secara regional pada saat sebelum pandemi. Namun, menjadi tidak potensial selama pandemi Covid-19. Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan di Kabupaten Bandung memiliki nilai rata-rata angka pengganda sebelum pandemi sebesar 14,08 dan pada saat pandemi Covid-19 mengalami peningkatan menjadi 14,70. 

×
Penulis Utama : Putri Siti Awaliyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0818083
Tahun : 2022
Judul : Identifikasi Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan serta Peranannya dalam Pembangunan Wilayah di Kabupaten Bandung Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pertanian; Covid-19; Location Quotient (LQ); Delta LQ; Shift Share Analysis; Model Rasio Pertumbuhan (MRP); Pengganda Pendapatan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, M.Si.
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.