Penulis Utama : Novi Yuniasari
NIM / NIP : B0118040
×

Novi Yuniasari. B0118040. 2022. Potret Pemimpin Teladan dalam Novel Mbah Lurah Karya Bambang Nugroho (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah keterkaitan unsur struktural novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho berdasarkan teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi)?; (2) Bagaimanakah deskripsi kepribadian tokoh utama dalam novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho berdasarkan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud?; (3) Bagaimanakah sikap yang patut diteladani dari tokoh utama sebagai pemimpin dalam menghadapi permasalahan dalam novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho?

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan keterkaitan unsur struktural novel Mbah Lurah berdasarkan teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi); (2) Mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho berdasarkan teori psikologi kepribadian Sigmund Freud; (3) Mendeskripsikan sikap yang patut diteladani dari tokoh utama sebagai pemimpin dalam menghadapi permasalahan dalam novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho.

Sumber data penelitian ini adalah novel berjudul Mbah Lurah karya Bambang Nugroho diterbitkan oleh Interlude April 2021. Sumber data juga berasal dari pengarang. Data dalam penelitian ini berupa isi teks yang memuat tentang unsur struktural, kepribadian tokoh utama, sikap yang patut diteladani dari tokoh utama dan hasil wawancara dengan pengarang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil analisis dari penelitian ini adalah secara keseluruhan unsur-unsur struktural dalam novel Mbah Lurah karya Bambang Nugroho menunjukkan satu kesatuan yang utuh dan berkaitan erat satu sama lain. Ditinjau dari aspek psikologi sastra mengungkapkan kepribadian tokoh utama novel Mbah Lurah dalam menjalankan kewajiban dan menghadapi masalah. Selain itu, juga ditemukan sikap-sikap yang patut diteladani dari tokoh utama sebagai pemimpin dalam menghadapi permasalahan.

×
Penulis Utama : Novi Yuniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118040
Tahun : 2022
Judul : Potret Pemimpin Teladan dalam Novel Mbah Lurah Karya Bambang Nugroho (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Novel Mbah Lurah, Kepribadian Tokoh, Psikologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Dr. Suyatno, M.Si.
3. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.