Penulis Utama : Shinta Kharisma
NIM / NIP : K3117067
×

Dimensi psychological well-being yang menjadi salah satu komponen utama kesehatan mental adalah positive relations with others. Positive relations with others guru BK merupakan kemampuan guru BK untuk membangun hubungan baik dengan orang lain yang ditandai dengan: (1) menunjukkan minat sosial; (2) berempati; (3) memiliki relasi yang hangat; (4) saling percaya dan memperoleh kepuasan dalam berhubungan; serta (5) mencintai dan memberikan kasih sayang yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan tingkat positive relations with others sebagai bagian dari psychological well-being guru BK di Kabupaten Karanganyar berdasarkan jenis kelamin dan usia.
Penelitian ini merupakan penelitian komparatif. Subjek penelitian adalah guru BK SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala positive relations with others yang dikembangkan oleh peneliti. Validitas isi diuji menggunakan Aiken’s V dan validitas konstruk diuji menggunakan Pearson Correlation Product Moment. Uji normalitas data menggunakan One Sample Kolomogorov Smirnov. Uji homogenitas data menggunakan Uji Levene. Analisis data menggunakan teknik analisis parametrik dengan Independet T- Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan tingkat positive relations with others sebagai bagian dari psychological well-being guru BK di Kabupaten Karanganyar berdasarkan jenis kelamin; dan (2) tidak terdapat perbedaan tingkat positive relations with others sebagai bagian dari psychological well-being guru BK di Kabupaten Karanganyar berdasarkan usia.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan evaluasi bagi guru BK untuk mempertahankan dan senantiasa meningkatkan positive relations with others dalam dirinya demi mewujudkan psychological well-being guru BK. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar bagi penelitian lanjutan, seperti (1) penelitian komparatif yang lebih spesifik dalam mengaitkan dengan data demografi (2) penelitian korelasi dengan melibatkan variabel lain (3) penelitian eksperimen untuk  meneliti pengaruh dari suatu treatment (4) Research and Development dengan mengembangkan teknik-teknik tertentu ke dalam sebuah panduan, website, maupun aplikasi untuk meningkatkan positive relations with others.

Kata kunci : positive relations with others, psychological well-being, guru BK

 

×
Penulis Utama : Shinta Kharisma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117067
Tahun : 2021
Judul : Pengukuran Positive Relations With Others Sebagai Bagian dari Psychological Well-Being Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3117067
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd
2. Agus Tri Susilo, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.