Penulis Utama : Oktaviana Nugrahawati
NIM / NIP : K4216054
×

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) Gaya bahasa, (2) Nilai pendidikan karakter dalam antologi geguritan Cathetan Nala Sang Dwija karya Indriyani Voluntiri Azis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi antologi geguritan Cathetan Nala Sang Dwija karya Indriyani Voluntiri Azis sebagai materi ajar kelas IX SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan stilistika. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung gaya bahasa dan nilai-nilai pendidikan karakter pada antologi Geguritan Cathetan Nala Sang Dwija, hasil wawancara dari berbagai narasumber, dan teori-teori yang berasal dari buku maupun jurnal yang digunakan sebagai acuan untuk menganalisis dan merelevansikan dengan pembelajaran di Sekolah. Sumber data yang digunakan berupa teks dalam antologi geguritan Cathetan Nala Sang Dwija karya Indriyani Voluntiri Azis dan hasil wawancara dengan kelima narasumber yaitu, ahli sastra, pengarang, guru bahasa Jawa SMP, serta siswa kelas IX SMP. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data yang dilakukan dengan metode triangulasi. Analisis data dilakukan dengan tahap persiapan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Prosedur penelitian dilakukan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap penyusunan dan revisi.
Hasil penelitian ini: (1) gaya bahasa yang terdapat dalam antologi geguritan Cathetan Nala Sang Dwija meliputi: simile, metafora, personifikasi, alegori, metonimia, repetisi, paralelisme, anafora, polisindenton, asindenton, hiperbola, paradoks, ironi, retoris, klimaks, dan antitesis. (2) nilai pendidikan karakter yang meliputi: nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai demokratis, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. (3) relevansinya sebagai materi ajar kelas IX SMP, antologi geguritan Cathetan Nala Sang Dwija relevan untuk digunakan sebagai materi ajar kelas IX SMP dan sesuai dengan kurikulum 2013 muatan lokal bahasa Jawa kelas IX SMP.

Kata Kunci: geguritan, gaya bahasa, nilai pendidikan karakter, materi ajar

 

×
Penulis Utama : Oktaviana Nugrahawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216054
Tahun : 2021
Judul : Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Antologi Geguritan Cathetan Nala Sang Dwija Karya Indriyani Voluntiri Azis Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Kelas IX SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4216054
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.