Penulis Utama : Fariz Muhammad Ihsan
NIM / NIP : A121808015
×

Fariz Muhammad Ihsan. A121808015. 2022. Kontribusi Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Rentang Lengan Dan Volume Oksigen Maksimal Terhadap Prestasi Renang Gaya Crawl 100 Meter dengan anak judul Studi Korelasional pada Atlet Putri Tingkat Intermediate Pandhowo Swimming Club Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan panjang tungkai atlet dengan prestasi renang gaya crawl 100 meter serta seberapa besar kontribusinya, kekuatan otot tungkai atlet dengan prestasi renang gaya crawl 100 meter serta seberapa besar kontribusinya, rentang lengan atlet dengan prestasi renang gaya crawl 100 meter serta seberapa besar kontribusinya, dan volume oksigen maksimal atlet dengan prestasi renang gaya crawl 100 meter serta seberapa besar kontribusinya dan hubungan dari penjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan serta volume oksigen maksimal terhadap prestasi renang gaya crawl 100 meter serta seberapa besar kontribusinya 
Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik korelasi. Populasi penelitian ini yaitu atlet Pandhowo Swimming Club dengan sample atlet putri sejumlah 40 atlet intermediate dengan rentang usia 13-14 tahun. Variabel penelitian terdapat 4 variabel bebas yaitu kontribusi panjang tungkai, kontribusi kekuatan otot tungkai, kontribusi rentang lengan, serta kontribusi volume oksigen maksimal. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu prestasi renang gaya crawl 100 meter. Seluruh data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran terhadap masing-masing variabel. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dengan melakukan pengujian normalitas, linieritas, dan hipotesis. 
Hasil penelitian menunjukan dari masing-masing variabel kontribusi panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, rentang lengan, volume oksigen maksimal memilii hubungan yang signifikan terhadap prestasi renang gaya crawl 100 meter. Besar sumbangan efektif dan relatif masing masing variabel sebagai berikut; Panjang tungkai memiliki sumbangan efektif 15% dan sumbangan relatifnya 23%, kekuatan otot tungkai memiliki sumbangan efektif 20% dan sumbangan relatifnya 30%, rentang lengan memiliki sumbangan efektif 6% dan sumbangan relatifnya 9%, volume oksigen maksimal memiliki sumbangan efektif 25%, dan sumbangan relatifnya 38%.


Kata kunci : Crawl, Kontribusi, Intermediate, Vo2Max

×
Penulis Utama : Fariz Muhammad Ihsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808015
Tahun : 2022
Judul : Kontribusi Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Rentang Lengan dan Volume Oksigen Maksimal Terhadap Prestasi Renang Gaya Crawl 100 Meter
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Crawl, Kontribusi, Intermediate, Vo2Max
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Slamet Riyadi, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.