Penulis Utama : Gigih Perwira Pati
NIM / NIP : K1517032
×

Gigih Perwira Pati. K1517033. DAMPAK PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DPIB MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI SMK SATYA KARYA KARANGANYAR. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2022.

 

ABSTRAK :

Tujuan penelitian ini yaitu :1) untuk mendeskripsikan problematika penggunaan yang terjadi, 2) mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa, 3) upaya apa saja yang guru lakukan dalam menangani problematika Google Classroom kaitannya pada motivasi belajar siswa DPIB kelas XII pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi pada SMK Satya Karya Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif berjenis deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel data purposive sampling. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas XII DPIB dan guru mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Tahapan pengumpulan data didapatkan dengan cara dokumentasi, angket, wawancara dan observasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, dan teknik yang mana kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif interaktif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi kelas XII DPIB SMK Satya Karya Karanganyar dengan menggunakan google classroom menimbulkan beberapa dampak bagi guru maupun peserta didik, yang mana terdapat dampak positif dan negatif didalamnya, antara lain : Guru sulit melakukan penilaian kepada siswa dan memahami kondisi kelasnya, namun sudah mampu memahami kemampuan masing-masing peserta didik lalu guru lebih leluasa dalam menyiapkan materi, sinyal yang lemah, bantuan kuota yang sering terlambat, peserta didik kesusahan memahami materi, peserta didik merasa tidak senang dan antusias. Selanjutnya faktor yang mempengaruhi tingkat motivasi belajar peserta didik berasal dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik meliputi inisiatif belajar mandiri, kesadaran pentingnya kebutuhan belajar perasaan yang dirasakan oleh peserta didik ketika pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal motivasi belajar berasal dari mendapatkan pujian dari guru, pemilihan google classroom, ketersediaan fasilitas dan lingkungan yang mendukung untuk pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom ialah dengan memberikan tambahan pembelajaran ekstra bagi mereka yang belum paham ketika peserta didik ke sekolah untuk mengumpulkan tugas serta guru untuk meningkatkan motivasi peserta didik ialah mengingatkan dan menceritakan perihal cerita sukses kakak tingkat mereka.

 

 

×
Penulis Utama : Gigih Perwira Pati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1517032
Tahun : 2022
Judul : DAMPAK PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DPIB MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI SMK SATYA KARYA KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Google Classrom, Motivasi Belajar, Kualitatif, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T., M.T.
2. Kundari Rahmawati, S.Pd., M.Eng
Penguji : 1. Dr. A. G. Tamrin, M.Pd., M.Si.
2. Rima Sri Agustin, ST., MT.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.