Penulis Utama : Bagus Firmansyah
NIM / NIP : K3216013
×

Bagus Firmansyah. PERAN WAHYU NUGROHO DALAM PERKEMBANGAN SENI DRAWING DI KOTA PASURUAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses kreatif yang dilakukan Wahyu Nugroho dalam menyemarakkan pertumbuhan seni drawing di Kota Pasuruan. (2) Untuk mengetahui dampak proses kreatif Wahyu Nugroho terhadap perkembangan seni drawing di kota Pasuruan.

            Penelitian ini secara umum dilakukan di wilayah Pasuruan yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Secara khusus penelitian ini dilaksanakan di Wahyu Studio yang berlokasi di Jalan Niaga no. 119 Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada bulan Februari- Mei 2022. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif tunggal terpancang. Sumber data penelitian ini adalah arsip dan dokumentasi perihal aktifitas seni rupa di Pasuruan dan Wahyu Nugroho selaku salah satu tokoh yang sering terlibat dalam geliat seni rupa Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data dan informant review. Dalam analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif.

            Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses kreatif Wahyu Nugroho dalam menyemarakkan pertumbuhan seni drawing di Kota Pasuruan menggunakan manajemen seni berupa meneglola wacana seni drawing, menentukan strategi pergerakan dalam Komunitas Guru Seni dan Seniman Pasuruan (KGSP) untuk melakukan aktivitas seni rupa di Pasuruan terutama aktivitas berkenaan seni drawing. 2) Dampak proses kreatif Wahyu Nugroho dalam perkembangan seni drawing di Kota Pasuruan memiliki dampak yang cukup besar yaitu dikenalnya seni rupa Pasuruan dalam medan seni rupa Nasional terutama pada seni drawing. Menambah wawasan seni terutama dalam seni drawing pada masyarakat Pasuruan. Peningkatan apresiasi seni dalam publik seni dan masyarakat Pasuruan pada seni drawing, sehingga seni drawing sudah dilihat setara posisinya dengan bentuk seni rupa yang lain. Dari data yang sudah didapatkan dapat merujuk kesimpulan bahwa Wahyu Nugroho memiliki peran yang cukup berpengaruh dalam perkembangan seni rupa di Pasuruan terutama pada seni drawing.    

 

 

×
Penulis Utama : Bagus Firmansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216013
Tahun : 2022
Judul : PERAN WAHYU NUGROHO DALAM PERKEMBANGAN SENI DRAWING DI KOTA PASURUAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : seni drawing, gerakan seni, proses kreatif, Wahyu Nugroho
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Slamet Supriyadi
2. Adam Wahida
Penguji : 1. Edy Tri Sulistyo
2. Figur Rahman Fuad
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.