Penulis Utama : Neni Dewi Anggraeni
NIM / NIP : K7117156
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021 dan mengetahui besarnya sumbangan kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di 56 SDN se-Kecamatan Kebumen yang berjumlah 1554 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 329 siswa kelas V di dua belas SDN se-Kecamatan Kebumen yang dipilih secara acak dengan teknik probability sampling jenis cluster sampling dengan bantuan aplikasi SPSS 21. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pada kedua variabel. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan liniearitas. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana pearson product moment dengan taraf signifikansi 0,05 dan perhitungan koefisien determinan untuk mencari sumbangan variabel kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen dengan tingkat korelasi “kuat” (nilai Sig. 0,000 < 0> r tabel 0, 108) berarti semakin tinggi kecerdasan interpersonal, maka semain tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa. Kecerdasan interpersonal memberikan sumbangan sebesar 38 % terhadap motivasi belajar dan 62 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kecerdasan interpersonal dan motivasi belajar siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2020/2021. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi guru, sekolah atau orang tua untuk menerapkan strategi belajar yang sesuai dengan tingkat kecerdasan interpersonal siswa agar motivasi belajar siswa meningkat.  

Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, motivasi belajar

 

×
Penulis Utama : Neni Dewi Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117156
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117156
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.