Penulis Utama : Desi Tri Wulandari
NIM / NIP : D0117031
×

Akta Kematian merupakan dokumen administrasi kependudukan yang wajib dimiliki oleh masyarakat. Pengurusan Akta Kematian pada umumnya dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kabupeten Sukoharjo tergolong rendah dalam pengurusan Akta Kematian, karena kesadaran masyarakat belum tinggi. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo meluncurkan inovasi berbasis android yaitu Aplikasi AKOne MAK’e (Adminduk Online Makin Oke) dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi, faktor penunjang inovasi dan faktor penghambat inovasi pelayanan Akta Kematian melalui Aplikasi AKOne MAK’e di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo. Analisis penelitian ini menggunakan lima atribut inovasi pelayanan publik menurut Rogers, faktor penunjang inovasi menurut Everett M. Rogers dan faktor penghambat inovasi menurut Borins dan Drucker serta mengacu pada model analisis data Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan Akta Kematian online melalui Aplikasi AKOne MAK’e memiliki keuntungan relatif yaitu dapat menghemat anggaran masyarakat dalam pengurusan Akta Kematian, mempercepat pelayanan Akta Kematian, serta memudahkan petugas dan masyarakat dalam monitoring proses pelayanan. Memiliki kesesuaian yaitu memiliki kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memiliki kesesuaian dengan pelayanan Akta Kematian sebelumnya yaitu pada berkas persyaratan dan output pelayanannya, serta kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat dalam hal kemudahan pengurusan. Namun masih memiliki tingkat kerumitan yaitu pada tingkat pemahaman serta kemampuan masyarakat untuk memanfaatkan inovasi. Inovasi ini juga telah melalui uji coba kepada masyarakat. Dari sisi kemudahan diamati dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengurusan Akta Kematian dan monitoring proses pelayanannya. Inovasi juga telah dikomunikasikan dengan masyarakat melalui berbagai pertemuan dengan masyarakat, melalui media sosial, serta penempelan pamflet. Komunikasi ini masih perlu ditingkatkan agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui. Faktor penunjang inovasi pelayanan yaitu adanya keinginan untuk merubah diri serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Inovasi pelayanan tersebut memiliki faktor penghambat yaitu pemahaman masyarakat mengenai tata cara atau mekanisme yang masih rendah.

Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Akta Kematian, Aplikasi AKOne MAK’e

 

×
Penulis Utama : Desi Tri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0117031
Tahun : 2021
Judul : Inovasi Pelayanan Akta Kematian Online Melalui Aplikasi Adminduk Online Makin Oke (Akone Mak’e) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0117031
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.