Penulis Utama : Fathimah
NIM / NIP : K4218023
×

 

Karya sastra pada dasranya merupakan perwujudan kehidupan manusia yang dituangkan dalam bentuk sastra yang diciptakan yang bersumber dari imajinasi seorang sastrawan berdasarkan pengalaman dan realitas hidup manusia. Cerita cekak itu cerita yang di tulis secara pendek dan dapat di baca baik di media cetak maupun media massa. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru bahasa Jawa mendapatkan hasil bahwa di dalam pembelajaran bahasa Jawa masih kurang efektif karena masih kurangnya bahan yang digunakan untuk pembelajaran. Selain itu, siswa masih merasa sulit dalam membuat cerita sehingga hal tersebut mempengaruhi dalam menganalisis. Serta saat ini cerita yang menggunakan bahasa Jawa sudah sedikit, dan guru juga masih kurang variatif menggunakan model pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menjelaskan unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam kumpulan cerita cekak karya Indah Darmastuti (2) Mendeskripsikan serta menjelaskan relevansi unsur pembangun dalam kumpulan cerita cekak karya Indah Darmastuti sebagai materi ajar di SMA.Sumber data dalam penelitian ini berupa narasumber dan dokumen. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel menggunakan teknik sampel bertujuan. Teknik wawancara dan teknik analisis dokumen digunakan dalam teknik pengumpulan data. Trianggulasi sumber data dan teori digunakan untuk menguji validitas data. Tahap analisis data meliputi tahap redupsi data, tahap penyajian data, dan tahap simpulan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Berikut hasil analisis unsur intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam kumpulan cerita cekak sebagai berikut; berdasarkan unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita cekak yang berjudul Tangga Anyar, Ngalah Kanggo Simbah, Embah, Padha Dene, Kecidhuk, Prahu Dluwang terdapat unsur tema, latar, tokoh dan penokohan, alur, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Latar belakang penulis, Indah Darmastuti merupakan penulis sastra yang aktif dalam komunitas Sastra Pawon Solo sebagai anggota redaksi. Keadaan sosial budaya, Indah Darmastuti tinggaldi Jawa Tengah sehingga cerita yang diangkat melukiskan cerita yang terjadi di kehidupan masyarakat Jawa Tengah., tempat Indah Darmastuti menulis cerita cekak tangga anyar dan ngalah kanggo simbah ialah di dalam rumah penulis. (2) cerita cekak ini untuk para guru bahasa Jawa di SMA sebagai materi ajar dalam pembelajaran apresiasi cerita cekak di kelas X. Ditinjau dari aspek bahasa, cerita cekak yang digunakan..

×
Penulis Utama : Fathimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218023
Tahun : 2022
Judul : UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK PADA KUMPULAN CERITA CEKAK KARYA INDAH DARMASTUTI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Unsur intrinsik, unsur ekstrinsik, cerita cekak, materi ajar bahasa Jawa di SMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Dewi Pangestu Said, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd.,M.Pd
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.