Penulis Utama : Anggi Setiyaningsih
NIM / NIP : K7118028
×

Anggi Setiyaningsih. PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus, 2022.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan komponen penerapan pendekatan STEAM (2) meningkatkan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita melalui penerapan pendekatan STEAM (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan STEAM.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komponen penerapan pendekatan STEAM untuk meningkatan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022 yaitu: (a) science (sains), (b) technology (teknologi), (c) engineering (teknik), (d) art (seni), (e) mathematics (matematika), (2) penerapan pendekatan STEAM dapat meningkatan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022, (3) kendala penerapan pendekatan STEAM untuk meningkatan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022 yaitu (a) siswa malu berpendapat, (b) siswa bingung saat menggunakan teknologi, (c) siswa tidak bernyanyi bersama, (d) siswa bingung membandingkan penyusun suatu zat campuran, (e) siswa mengobrol ketika guru menjelaskan, (f) siswa mengganggu kelompok lain saat kerja kelompok, (g) siswa kurang memperhatikan video, (h) terdapat anggota kelompok yang pasif saat kerja kelompok, (i) siswa kurang memperhatikan presentasi dari kelompok lain. Solusi kendala tersebut yaitu (a) siswa diberi motivasi untuk berani mengungkapkan pendapatnya, (b) siswa diberi penjelasan terkait cara penggunaan timbangan digital dan gelas ukur, (c) siswa diingatkan untuk bernyanyi bersama-sama, (d) siswa diberi pengarahan cara-cara membandingkan zat penyusun suatu campuran, (e) siswa diingatkan untuk memperhatikan penjelasan guru agar memahami materi, (f) siswa diingatkan untuk tidak mengganggu kelompok lain, (g) siswa dihimbau untuk fokus saat penayangan video, (h) siswa diarahkan akan pentingnya bekerja sama dalam kerja kelompok, (i) siswa diingatkan untuk memperhatikan saat presentasi berlangsung.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan STEAM dapat meningkatan pembelajaran IPA tema benda-benda di sekitar kita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebumen tahun ajaran 2021/2022.

×
Penulis Utama : Anggi Setiyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118028
Tahun : 2022
Judul : PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2021/2022
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : STEAM, pembelajaran IPA, kelas V
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Dr. Rokmaniyah, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.