Penulis Utama : Amelia Candra Kusuma
NIM / NIP : B0117006
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana suntingan teks naskah SK yang bersih dari kesalahan sesuai cara kerja filologi? (2) Apa saja amanat dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam naskah SK?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah, (1) Menyajikan suntingan teks yang bersih dari kesalahan. (2) Mengungkapkan amanat dan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam isi teks naskah SK.
Bentuk penelitian pada naskah ini adalah penelitian filologi yang menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka(library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah SK koleksi perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah naskah dan teks dari naskah SK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara content analysis(analisis isi). Teknik Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan langkah: (1) Inventarisasi naskah dengan studi pustaka katalog   naskah   yang   terdapat   diberbagai   perpustakaan   dan   museum.   (2) Melakukan   penijauan   langsung   ke   tempat   penyimpanan.   (3)   Melakukan digitalisasi naskah untuk memperoleh hasil alih medianya. (4) Melakukan transliterasi,  untuk  mendapatkan  hasil  alih  aksara  sesuai  dengan  ejaan  yang berlaku pada saat ini.
Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode penyuntingan naskah dengan metode edisi standar. Edisi standar yang digunakan berupa, (1) Membetulkan kesalahan teks. Kesalahan tersebut dapat berupa adanya lakuna, adisi, hiperkorek, ketidakkonsistenan dalam menulis, transposisi, dan ditografi. (2) Membuat catatan perbaikan. Membuat catatan pembenaran dengan footnote, yang mana dalam memberikan catatan pembenaran akan diberikan nomor-nomor pada  kata,  kelompok  kata  atau  kalimat  yang  mengalami  kesalahan, pembenarannya berdasarkan linguistik, dan konteks. (3) Mendeskripsikan amanat dan nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam naskah SK.
Simpulan penelitian ini adalah 1.) Naskah SK merupakan naskah tunggal yang disimpan di Reksapustaka Pura Mangkunegaran Surakarta. Setelah dilakukannya penelitian dengan langkah kerja filologi maka didapatkanlah varian dengan total 56 varian, meliputi 10 lakuna huruf, 1 lakuna suku kata, 1 adisi huruf, 47 hiperkorek, 5 korup, dan 2 kesalahan konvensi tembang. Varian-varian tersebut dibenarkan melalui kritik teks sehingga menghasilkan suatu suntingan teks yang bersih dari kesalahan. Dengan demikian hasil suntingan teks naskah SK yang bersih dari kesalahan serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 2.) Naskah SK merupakan naskah yang memuat kisah romantika cinta dari negeri Belanda. Di dalam naskah SK telah ditemukannya 4 nilai moral, 1 nilai etika, 1 nilai Politis, dan 4 nilai kemanusiaan yang mana amanat dan nilai-nilai kehidupan itu merupakan cerminan dan perilaku para tokoh(Dhêmanilah, Dhapilar, Piriyah, Direktur Irman, Yongkêr Karêl, dan Anah). Dari semua nilai-nilai kehidupan yang didapatkan semua itu memiliki relevansi dengan kehidupan nyata. Sehingga yang baik dapat diteladani dan yang buruk ditinggalkan.

Kata kunci: Filologi, kumidhi, amanat, dan nilai-nilai kehidupan.

 

×
Penulis Utama : Amelia Candra Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117006
Tahun : 2021
Judul : Serat Kumidhen (Kajian Filologis dan Isi: Amanat dan Nilai-nilai Kehidupan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0117006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supardjo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.