Penulis Utama : Salma Hanifah Prameswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0417050
Tahun : 2021
Judul : Kiprah Herawati Diah Sebagai Jurnalis Perempuan Tahun 1940-1957
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0417050
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang Kiprah Herawati Diah dalam Bidang Jurnalistik. Rumusan masalah penelitian ini membahas tentang latar belakang Herawati Diah dalam dunia jurnalistik, peran Herawati Diah pada masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan, dan dampak dari keterlibatan Herawati Diah terhadap perkembangan pers dan jurnalistik di Indonesia.
Metode yang digunakan dalam penelitian sejarah meliputi Pemilihan Topik, Heuristik, Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Interpretasi, dan tahap terakhir yaitu Historiografi. Sumber data dalam penelitian ini berupa surat kabar dan majalah sebagai sumber primer. Sumber data dalam penelitian ini juga menggunakan buku-buku yang relevan dan berkaitan dengan tema penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang Herawati Diah dalam dunia jurnalistik pada tahun 1940-1957, (2) peran Herawati Diah pada masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan, (3) peran Herawati Diah dalam dunia pers di Indonesia tahun 1949-1957.
Berdasarkan hasil penelitian, Siti Latifah Herawati Latip atau dikenal dengan Herawati Diah lahir di Belitung pada tanggal 3 April tahun 1917. Siti Alimah merupakan sosok ibu yang sangat berpengaruh dalam kehidupannya. Herawati menorehkan namanya sebagai perempuan Indonesia pertama yang berhasil menyelesaikan studinya di Barnard College Columbia University di Amerika Serikat. Peranannya dalam dunia jurnalistik dimulai sejak dirinya sering mengirimkan tulisan seputar studinya di majalah Doenia Kita. Kiprahnya dalam bidang jurnalistik pada masa sebelum kemerdekaan dimulai dengan karirnya sebagai wartawan lepas di kantor berita asing United Press International dan penyiar radio Hoso Kanri Kyoku. Pada masa setelah kemerdekaan, ia pernah menjadi sekretaris Menteri Luar Negeri di Indonesia, bekerja di surat kabar Harian Merdeka milik suaminya yang bernama B.M. Diah, mendirikan majalah Keluarga pada tahun 1952, serta menjadi pimpinan redaksi surat kabar berbahasa Inggris pertama, Indonesian Observer pada tahun 1954.
Herawati Diah merupakan tokoh pers yang menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme dan idealisme dalam setiap tulisannya. Menjadi jurnalis adalah panggilan nurani dan sebagai bentuk pengabdian seumur hidup untuk memajukan pers di Indonesia.


Kata kunci: Herawati Diah, Jurnalis, Perempuan, Pers, Indonesia

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya