Penulis Utama : Devi Anjar Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218014
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Wisata Sejarah Berkonsep Tematik Ruang Laweyan Oleh Komunitas Soerakarta Walking Tour di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218014
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Wallking Tour merupakan kegiatan wisata berjalan kaki ke situs-situs sejarah dan budaya. Kegiatan walking tour dapat menjadi alternatif wisata, karena wisata tidak selalu menggunakan moda transportasi seperti bus, kereta api, mobil, dan penyewaan lainya. Walking Tour mampu mendekatkan wisatawan terhadap objek wisata serta membangun memori kolektif masyarakat. Walking tour di Kota Surakarta dikoordinasi oleh sebuah komunitas bernama Soerakarta Walking Tour. Tugas Akhir ini menganalisis mengenai sejarah berdirinya komunitas Soerakarta Walking Tour serta pengembangan wisata sejarah berkonsep tematik ruang Laweyan oleh Komunitas Soerakarta Walking Tour.
Penelitian Tugas Akhir ini menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif yaitu menggambarkan keadaan atau status fenomena dengan kata-kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi secara langsung ikut serta dalam kegiatan Soerakarta Walking Tour, wawancara dengan narasumber, serta studi pustaka untuk menambah informasi.
Hasil penelitian ini dijelaskan mengenai sejarah berdirinya Komunitas Soerakarta Walking Tour yang merupakan project kedua dari Blusukan Solo atau Laku Lampah, kendala yang dihadapi ketika awal mula merintis kegiatan Walking Tour yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal komunitas. Serta pengembangan wisata sejarah berkonsep tematik ruang Laweyan oleh Komunitas Soerakarta Walking Tour yang membedah tema ruang Laweyan menjadi 3 subtema yaitu Kampung Batik Laweyan, Lorong Waktu Laweyan, dan Laweyan Series.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu komunitas Soerakarta Walking Tour merupakan project kedua dari Blusukan Solo atau Laku Lampah. Dibuatnya project kedua ini bertujuan untuk mengenalkan sejarah kota Solo dengan kegiatan yang lebih santai dengan sistem pay as you wish. Kegiatan Soerakarta Walking Tour memiliki 25 tema dengan 3 tema favorit yaitu Laweyan, Pasar Gede, dan Kota Lama. Tematik ruang Laweyan merupakan tema paling favorit wisatawan dengan bunker sebagi point of interest. Pengembangan yang dilakukan oleh pihak pengelola pada tema ruang Laweyan yaitu membedah tema ruang Laweyan menjadi 3 subtema Kampung Batik Laweyan, Lorong Waktu Laweyan, dan Laweyan Series.

Kata Kunci: Soerakarta Walking Tour, Wisata Sejarah, Laweyan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
2. Amad Saeroji, S.S.,M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi