Penulis Utama : Marlina Nur Alifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1518053
Tahun : 2021
Judul : Sistem Pelayanan Pendaftaran Hak Tanggungan Secara Elektronik (HT-el) di Kantor Pertanahan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1518053
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sistem Pelayanan Pendaftaran Hak Tanggungan Secara Elektronik (HT-el) di Kantor Pertanahan Kota Surakarta adalah serangkaian proses pelayanan pendaftaran Hak Tanggungan yang terintegrasi secara elektronik sebagai bentuk transformasi dalam bidang pelayanan dari yang sebelumnya konvensional menjadi sistem elektronik. Tujuan pengamatan ini untuk mendiskripsikan sistem pelayanan pendaftaran Hak Tanggungan secara elektronik dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan HT-el di Kantor Pertanahan Kota Surakarta.
Pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu jenis pengamatan dengan metode atau pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa Sistem Pelayanan Pendaftaran Hak Tanggungan Secara Elektronik (HT-el) telah dilakukan dengan berbasis elektronik sesuai himbauan Kementerian ATR/BPN. Sistem pelayanan dimulai saat pemohon datang ke kantor PPAT dalam rangka pembuatan APHT yang akan dikirimkan pada pihak Kreditur selaku Bank. Bank memproses pendaftaran hak tanggungan elektronik dalam beberapa tahapan. Tahap pertama pembuatan berkas, menginput nomor dan kode akta, dan mengunggah surat permohonan serta dokumen lain. Tahap kedua konfirmasi berkas yang telah diinputkan. Tahap ketiga melakukan pembayaran. Tahap Keempat pemeriksaan berkas oleh Kantor Pertanahan. Tahap kelima pencetakan sertipikat dan berkas. Hasil akhir dari pelayanan adalah penerbitan dokumen sertipikat hak tanggungan dan catatan sertipikat hak tanggungan yang dapat dicetak dan didownload pihak Bank untuk ditempelkan pada buku tanah atau sertipikat tanah. Sistem pelayanan pendaftaran hak tanggungan secara elektronik di Kantor Pertanahan Kota Surakarta saat ini telah berjalan dengan cukup baik. Meskipun terdapat beberapa hambatan yang terjadi saat proses pelayanan berlangsung diantaranya yaitu gangguan sistem HT- el, Kurangnya informasi mengenai sistem HT-el bagi pemohon, dan Jaringan Internet yang belum menyebar ke seluruh wilayah.

Kata Kunci : Sistem, Pelayanan, Hak Tanggungan Elektronik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi