Penulis Utama : Nurul Husna Khoirani Rozannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017363
Tahun : 2021
Judul : Perlindungan Hukum Terhadap Hak Cipta Atas Film yang Dipublikasikan Melalui Website
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-E0017363
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Teknologi memberikan kemudahan akses untuk menikmati Film yaitu dengan pendistribusian melalui website. Akan tetapi hal ini membuat celah untuk terjadinya pelanggaran terhadap Hak Cipta karena banyak website yang mempublikasikan Film tanpa memiliki izin dari Pencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis, pertama bagaimana perlindungan hukum terhadap hak cipta atas Film yang dipublikasikan melalui website. Kedua, apa saja hambatan dalam perlindungan hukum terhadap hak cipta atas Film yang dipublikasikan melalui website.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang dilakukan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil penelitian melalui metode wawancara yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap hak cipta atas film telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Guna mendukung perlindungan tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memfasilitasi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk melakukan laporan apabila karya ciptanya telah disebarluaskan tanpa memperoleh izin dari Pencipta. Serta melakukan kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan blokir terhadap website yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap Hak Cipta. Akan tetapi hal tersebut dirasa masih belum maksimal dalam melindungi hak cipta atas Film karena beberapa hambatan. Adapun hambatan dalam perlindungan terhadap hak cipta atas Film yang dipublikasikan melalui website adalah budaya hukum masyarakat yang masih rendah, proses verifikasi laporan yang lama, kemunculan website baru setelah ditutup hak aksesnya dan keterbatasan ruang lingkup dalam melindungi hak cipta.

Kata Kunci: Film, Hak Cipta, Pemegang Hak Cipta, Pencipta, Perlindungan Hukum, Website

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi, S.H., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum