Penulis Utama : Hesty Sekar Pembayun
NIM / NIP : K7118114
×

ABSTRAK

 

Hesty Sekar Pembayun. PENGARUH SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN SEKECAMATAN AMBAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Agustus 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk  : (1) membuktikan pengaruh yang positif antara sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022; (2) membuktikan pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022; dan (3) membuktikan pengaruh yang positif antara sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal yang berjumlah 891 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 305 siswa kelas V di sebelas SDN se-Kecamatan Ambal yang dipilih secara acak dengan teknik probability sampling dengan jenis cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS versi 26. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Analisis data dengan menggunakan uji regresi berganda dan sumbangan efektif dengan taraf signifikansi 5%

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai thitung 5,648 > ttabel 1,968, serta besar sumbangan efektif sebesar 10,92%; (2) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai thitung 4,321 > ttabel 1,968,  serta besar sumbangan efektif yaitu 6,98%; dan (3) sumber belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif secara simultan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai sig. 0,000 < 0> ftabel 3,125, serta sumbangan efektif sebesar 17,9%.

Simpulan penelitian ini adalah sumber belajar dan kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN se-Kecamatan Ambal tahun ajaran 2021/2022. Sumber belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang searah, artinya semakin tinggi sumber belajar dan kemandirian belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar IPS yang didapatkan siswa kelas V.

×
Penulis Utama : Hesty Sekar Pembayun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118114
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata kunci: sumber belajar, kemandirian belajar, hasil belajar IPS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.