Penulis Utama : Latifah Inas Yokasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5117044
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Penggunaan Teknik Aversi untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Autis yang Disertai Hiperaktif Kelas 1 MIM PK Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latifah Inas Yokasari. PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENGURANGI PERILAKU HIPERAKTIF ANAK AUTIS YANG DISERTAI HIPERAKTIF KELAS 1 DI MIM PK KARTASURA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh diberikannya teknik aversi kepada subjek anak autis yang disertai hiperaktif di kelas 1 MIM PK Kartasura untuk mengurangi perilaku hiperaktif berupa beranjak dari tempat duduknya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu Single Subject Research (SSR). Subjek dalam penelitian ini adalah satu anak kelas satu dengan hambatan autis yang disertai hiperaktif. Pola desain yang digunakan dalam penelitian SSR ini dengan menggunakan pola A-B-A’. Hasil dari penelitian ini adalah baseline 1(A) dilakukan sebanyak 6 kali.. Hal tersebut menunjukkan kecenderungan arah yang meningkat, oleh karena itu diperlukan suatu penanganan agar perilaku beranjak dari tempat duduk bisa berkurang. Fase intervensi dilakukan sebanyak 10 kali. Dan fase baseline 2 (A’) dilakukan sebanyak 10 kali. Dari data tersebut menunjukkan perubahan kecenderungan arah dari B/A yaitu naik. Makna dari kecenderungan arah naik pada fase baseline 1 (A) adalah perilaku semakin memburuk. Sedangkan pada A’/B kecenderungan arahnya adalah menurun yang berarti bahwa perilaku semakin baik. Tingkat kestabilan data dalam penelitian ini adalah stabil dalam setiap fase. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik aversi berpengaruh untuk mengurangi perilaku hiperaktif berupa beranjak dari tempat duduk pada anak autis yang disertai hiperaktif kelas 1 di MIM PK Kartasura tahun ajaran 2021/2022.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 1_LatifahInas.pdf
BAB 2_LatifahInas.pdf
BAB 3_LatifahInas.pdf
BAB 4_LatifahInas.pdf
BAB 5_LatifahInas.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mohammad Anwar, S.Pd.,M.Pd.
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi.,M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP