Penulis Utama : Nurul Fitri R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S091908006
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Laboratorium STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Virtual untuk Meningkatkan Literasi STEM dan Kreativitas Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) cara mengembangkan laboratorium STEM virtual untuk meningkatkan literasi STEM dan kreativitas siswa SMA pada materi laju reaksi; (2) mengetahui kelayakan laboratorium STEM virtual yang telah dikembangkan ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan; (3) mengetahui efektivitas laboratorium STEM virtual untuk meningkatkan literasi STEM dan kreativitas siswa SMA pada materi laju reaksi.
Pengembangan laboratorium STEM virtual pada materi laju reaksi ini menggunakan model pengembangan Design-Based Research (DBR) yang terdiri dari empat fase, yaitu: (1) analisis masalah praktik; (2) pengembangan solusi; (3) siklus pengujian dan penyempurnaan solusi dalam prakktik; (4) refleksi produk untuk menghasilkan prinsip desain. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar angket perspektif guru, lembar angket penilaian siswa, lembar validasi media dan instrument, lembar angket respon siswa, lembar soal literasi STEM dan kreativitas. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cara mengembangkan laboratorium STEM virtual untuk meningkatkan literasi STEM dan kreativitas siswa SMA pada materi laju reaksi menggunakan model pengembangan DBR; (2) laboratorium STEM virtual yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Ditinjau dari validitas diperoleh nilai V sebesar 0,92 dengan kriteria valid. Ditinjau dari kepraktisan diperoleh rentang skor 83,75% - 86,94 dengan kriteria sangat praktis.; dan (3) laboratorium STEM virtual untuk meningkatkan literasi STEM dan kreativitas siswa SMA pada materi laju reaksi dinyatakan efektif digunakan. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi uji indepenten t-test (2-tailed) sebesar 0,000 pada literasi STEM yang berarti literasi STEM siswa yang menggunakan laboratorium STEM virtual lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan laboratorium STEM virtual. Pada kreativitas diperoleh nilai signifikansi uji indepenten t-test (2-tailed) sebesar 0,000 yang menggunakan laboratorium STEM virtual lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan laboratorium STEM virtual.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Retno Dwi Ariani, M.Si.
2. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP