Penulis Utama : Dhian Meylani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Persepsi akuntan manajemen dan akuntan pemerintah terhadap kualitas akuntan menghadapi tuntutan profesionalisme di era globalisasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399003-2003
Subyek : AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Adanya persaingan yang cukup ketat menghadapi era globalisasi ini, profesi akuntan dituntut untuk bersikap profesional sehingga mampu mempertahankan posisinya dan tidak tertinggal oleh akuntan negara lain. Penelitian ini berusaha mengidentifikasi dan menggambarkan persepsi akuntan manajemen dan akuntan pemerintah di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap kualitas akuntan dalam hal ini lulusan jurusan akuntansi menghadapi tuntutan profesionalisme yang tinggi di era globalisasi. Selain itu penelitian ini berusaha mengumpulkan masukan-masukan untuk kurikulum jurusan akuntansi agar selanjutnya mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah sebagai berikut:

Ha1 :akuntan manajemen dan akuntan pemerintah memiliki persepsi negatif terhadap kualitas akuntan dalam hal ini lulusan jurusan akuntansi.

Ha2 :terdapat perbedaan rata-rata antara persepsi akuntan manajemen dan akuntan pemerintah terhadap kualitas akuntan dalam hal ini lulusan jurusan akuntansi.

Sehubungan dengan permasalahan yang diangkat dan hipotesis yang diajukan oleh peneliti, maka penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner, dimana kuesioner menggunakan skala Likert dengan skala satu sampai dengan lima. Kuesioner diuji validitasnya dengan Pearson Product Moment dan reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Kemudian untuk mencari persepsi responden digunakan uji proporsi dan mencari perbedaan persepsi di antara responden dengan mengunakan uji beda dua rata-rata.

Dari analisis data diperoleh bahwa lebih dari 80% responden di masing-masing kelompok mempunyai persepsi positif. Uji beda dua rata-rata dengan t-test menunjukkan nilai 0.037 sedangkan dengan Mann-Whitney U Test menghasilkan p-value sebesar 0.0385, yang berarti keduanya berada di bawah taraf signifikansi 0.05. Sementara nilai mean akuntan pemerintah adalah sebesar 133.5600 dan akuntan manajemen sebesar 126.6364.

Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa kelompok responden akuntan manajemen dan akuntan pemerintah memiliki persepsi positif terhadap kualitas lulusan jurusan akuntansi, sehingga hipotesis pertama tidak didukung. Dari uji beda rata-rata disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata antara persepsi akuntan manajemen dan akuntan pemerintah, yang berarti hipotesis kedua yang diajukan oleh peneliti didukung. Akuntan pemerintah mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan akuntan manajemen yang dapat dilihat dari nilai mean akuntan pemerintah yang lebih besar daripada nilai mean akuntan manajemen.

Dari pertanyaan terbuka (open-ended questions) disimpulkan bahwa lulusan jurusan akuntansi cukup berkualitas, begitu pula kurikulum jurusan akuntansi cukup memadai untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, meski demikian masih perlu adanya peningkatan dan perbaikan untuk benar-benar menghasilkan lulusan yang siap pakai di dunia kerja yang sesungguhnya.

Dari seluruh hasil penelitian diberikan saran-saran antara lain untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan jurusan akuntansi perlu ada perbaikan kurikulum berupa penambahan jam praktek, penyelarasan mata kuliah-mata kuliah dengan teknologi yang sedang berkembang dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan untuk menghadapi era globalisasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Payamta, M.Si., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis