Penulis Utama : Riska Widya Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4417059
Tahun : 2021
Judul : Peranan Organisasi Istri Sedar Terhadap Pergerakan Kaum Perempuan Indonesia (1930-1942)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4417059
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Latar belakang terbentuknya organisasi Istri Sedar (2) Peran organisasi Istri Sedar dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan politik (3) Dampak terbentuknya organisasi Istri Sedar terhadap pergerakan kaum perempuan Indonesia pada tahun 1930-1942 .
Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Sumber yang digunakan ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer berupa laporan kongres, pidato, surat kabar, majalah, disertai dengan sumber sekunder berupa buku dan jurnal yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang berdirinya Istri Sedar dipengaruhi faktor internal seperti munculnya kesadaran kaum perempuan; sedangkan faktor eksternal meliputi pendidikan bagi perempuan, berkembangnya ideologi sekuler-nasionalis, dan keberhasilan gerakan pembaruan Turki dalam menghapus poligami (2) Peran Istri Sedar di bidang sosial seperti mengecam: tindakan poligami, sistem kawin paksa, pernikahan anak, perceraian, dan prostitusi; di bidang pendidikan berupaya memberikan pengajaran, pemberantasan buta huruf dengan mendirikan sekolah dan tempat kursus; peran di bidang ekonomi yaitu mengkampanyekan pentingnya membentuk koperasi dan mengadakan perbaikan perekonomian; sedangkan peran yang dijalankan dalam bidang politik yaitu menyadarkan perempuan Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam politik bersama dengan kaum laki-laki (3) Pembentukan Istri Sedar berdampak positif terhadap upaya peningkatan kesejahteraan perempuan Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan, sedangkan dampak negatifnya terjadi perselisihan dengan organisasi religius terkait perbedaan cara pandang mengenai kedudukan perempuan dalam hukum perkawinan Islam.

Kata kunci: organisasi, Istri Sedar, gerakan perempuan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum
2. Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP