Penulis Utama : Adinda Miftakhul Solehah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118005
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa dalam Karangan Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas V SDN Tegalayu Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan bahasa berupa ejaan, diksi, dan kalimat serta mengetahui faktor kesalahan penggunaan bahasa dalam karangan teks eksplanasi peserta didik kelas V SDN Tegalayu Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang berfokus pada suatu fenomena, yaitu kesalahan penggunaan bahasa dalam karangan peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan purposive subjek penelitian berupa peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh berupa hasil analisis dokumen, hasil observasi guru serta peserta didik, dan hasil wawancara guru. Uji validitas data berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ditemukan kesalahan ejaan dengan persentase 80,37% yang terdiri dari kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan. Kedua, terdapat kesalahan diksi dengan persentase 14,27% yang terdiri dari kesalahan pemilihan kata, yaitu kata denotasi dan konotasi, kata yang hampir bersinonim, kata yang mirip ejaannya, dan perubahan makna pada kata yang sudah dikenal. Ketiga, terdapat kesalahan kalimat dengan persentase 5,36% terdiri dari kesalahan penyusunan kalimat, yaitu kalimat tidak lengkap dan kalimat tidak hemat. Keempat, faktor penyebab kesalahan penggunaan bahasa berasal dari dua faktor, yaitu faktor dari guru berupa strategi pembelajaran menulis yang terlalu sederhana dan tidak dilakukannya analisis terhadap kesalahan karangan. Sedangkan faktor dari peserta didik berupa kurangnya pemahaman peserta didik mengenai kaidah penggunaan bahasa, kurangnya perbendaharaan kata peserta didik, dan kurangnya motivasi menulis.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Anesa Surya, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP