Penulis Utama : Alvi Yasin Martindo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881702002
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Hypermedia Lite-Droid Berbasis Keterampilan Abad 21 Untuk Meningkatkan Spatial Thinking Peserta Didik (Pokok Bahasan : Pembelajaran Sumber Daya Alam Pertambangan Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S881702002
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kebutuhan Hypermedia lite droid berbasis keterampilan abad 21 untuk meningkatkan Spatial thinking peserta didik 2) Kelayakan Hypermedia lite droid berbasis keterampilan Abad 21 3) Efektivitas Hypermedia lite droid berbasis keterampilan abad 21 pada sub materi Sumber Daya Alam Pertambangan Kelas XI IPS SMA.
Model penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan produk 4D (define, design, delopment,dissemination). Data kebutuhan Hypermedia lite droid dengan menyebarkan angket kepada guru pamong dan 30 peserta didik. Kelayakan dilakukan dengan membagikan lembar validasi ahli materi, media, dan penilaian peserta didik. Keefektifan Hypermedia dapat dilihat dalam meningkatkan Spatial thinking diukur dengan tes Spatial thinking. Penilaian Analisis data yang digunakan adalah statistic parametric uji T dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik menginginkan media yang menarik, terampil dengan smartphone, memiliki gaya belajar visual dan reading, memiliki Spatial thinking yang rendah. Berdasarkan penilaian para ahli materi dan media serta percobaan skala perorangan, skala kecil, dan skala uji lapangan yang dilakukan bahwa pembelajaran Hypermedia lite droid berbasis keterampilan abad 21 layak untuk digunakan. Setelah menerapkan pembelajaran Hypermedia lite droid berbasis keterampilan abad 21 didapatkan hasil analisis Uji T bahwa Hypermedia lite droid berbasis keterampilan abad 21 efektif untuk meningkatkan Spatial thinking peserta didik dengan nilai signifikansi (0.002 < 0>


Kata kunci : Hypermedia, Keterampilan Abad 21, Spatial thinking

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Dr. Ahmad, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana