Penulis Utama : Giyarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991902007
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Dampak Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah Terhadap Pengelolaan Keuangan di Sekolah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S991902007
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah: 1) apakah sikap, keterampilan dan nilai pengetahuan yang diajarkan pada saat Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah dimanfaatkan dan diaplikasikan  oleh  alumni  (kepala  sekolah) kedalam  perilaku  kerja  sehari-hari khususnya  dalam  mengelola  keuangan  sekolah,  2) apakah  terjadi  peningkatan kinerja setelah diklat khususnya dalam mengelola keuangan sekolah, 3) mengkaji faktor-faktor hambatan yang dihadapi alumni (kepala sekolah) dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di sekolah.
Penelitian ini menggunakan model evaluasi empat tahap Kirkpatrick (2008), fokus penelitian pada evaluasi pasca diklat yaitu evaluasi terhadap perubahan perilaku, evaluasi terhadap dampak/hasil peningkatan kinerja dan faktor- faktor hambatan yang dihadapi alumni (kepala sekolah) dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data kuantitatif diperoleh melalui instrumen kuesioner dan wawancara terstruktur. Populasi dalam penelitian ini adalah alumni (kepala sekolah) di Provinsi Jawa Tengah. Sampel responden ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling yaitu alumni (kepala sekolah), serta pihak- pihak yang terkait yaitu pengawas sekolah, bendahara sekolah, komite sekolah di Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri.
Hasil  penelitian  disimpulkan  bahwa  Program  Diklat  Penguatan Kepala Sekolah berhasil: 1) memberikan perubahan perilaku kepada alumni (kepala sekolah) kearah yang lebih baik dan terjadi perubahan perilaku yang banyak khususnya dalam mengelola keuangan di sekolah, 2) Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah berdampak memberikan peningkatan kinerja yang lebih baik dan bagus kepada alumni (kepala sekolah) dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di sekolah, 3) Alumni (kepala sekolah) hanya memiliki sedikit faktor-faktor hambatan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan di sekolah. Alumni (kepala sekolah) selalu berusaha mengelola keuangan sekolah sesuai prinsip-prinsip pengelolaan dan mengelola keuangan sekolah dengan penuh tanggungjawab dan kejujuran.

Kata  kunci:  Evaluasi Kirkpatrick,  Alumni  Program  Diklat  Penguatan  Kepala Sekolah, Pengelolaan keuangan Sekolah

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat.
2. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani M.S
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana