Penulis Utama : Anang Sudigdo
NIM / NIP : T841608010
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi buku teks sastra anak yang digunakan di PGSD Provinsi Daerah Istimewa Yogtakarta; (2) mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa dan dosen terhadap buku teks sastra anak bermuatan multikulturalisme di PGSD Provinsi Daerah Istimewa Yogtakarta; (3) mendeskripsikan pengembangan buku teks sastra anak bermuatan multikulturalisme bagi mahasiswa PGSD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta; (4) menguji keefektifan buku teks sastra anak bermuatan multikulturalisme bagi mahasiswa PGSD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan tiga tahap yakni: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, dan (3) pengujian model. Studi pendahuluan (eksplorasi) dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks sastra anak di perguruan tinggi dan analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen terkait buku teks sastra anak bermuatan multikulturalisme. Pengembangan buku teks dilakukan melalui beberapa tahap, meliputi: (a) penyusunan draf awal, (b) FGD, (c) validasi pakar, (d) uji coba terbatas, dan (e) uji coba lebih luas. Pengujian dilakukan dengan metode eksperimen dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum kondisi buku teks sastra anak yang digunakan di PGSD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta belum memfokuskan pembahasan apresiasi sastra anak bermuatan multikulturalisme; (2) mahasiswa dan dosen membutuhkan buku teks sastra anak yang menyajikan puisi dan prosa bermuatan multikulturalisme serta analisis struktur puisi dan prosa terhadap nilai-nilia multikulturalisme untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra anak bermuatan multikulturalisme; (3) Tahap pengembangan model berdasarkan uji coba terbatas yaitu prototipe buku teks “Multikulturalisme dalam Sastra Anak” yang telah direvisi berdasarkan temuan lapangan, masukan, dan saran dari dosen, mahasiswa, dan pakar. Tahap pengembangan model berdasarkan uji coba lebih luas yaitu ditetapkannya  prototipe model menjadi buku teks Sastra Anak bermuatan multikulturalisme yang berjudul “Multikulturalisme dalam Sastra Anak” telah dinyatakan layak dan dapat diterima.; (4) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku teks “Mumtikulturalisme dalam Sastra Anak” efektif digunakan dalam pembelajaran Sastra Anak. Hal tersebut dilihat dari hasil uji-t diperoleh harga t hitung sebesar 3,097 dengan nilai t tabel  1,987. Oleh karena harga t hitung  3,097 ? 1,987, maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan pula bahwa buku teks Multikulturalisme dalam Sastra Anak efektif digunakan di perguruan tinggi.

Kata kunci: pengembangan, buku teks, sastra anak, multikulturalisme

 

×
Penulis Utama : Anang Sudigdo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841608010
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Buku Teks Sastra Anak Bermuatan Multikulturalisme di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-T841608010
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
3. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum. (
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.