Penulis Utama : Muhammad Rafif Nur Aulia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1120043
Tahun : 2022
Judul : PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI), EXPORT, IMPORT, DAN ENERGY CONSUMPTION (EC) TERHADAP PEREKONOMIAN ASEAN DAN CHINA PASCA KESEPAKATAN ACFTA TAHUN 2005 – 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Berdasarkan kesepakatan ACFTA (ASEAN-China Free Trade Agreement), setiap negara anggota berhak untuk melakukan hubungan bilateral dengan negara partner. Tujuan dari kesepakatan ini untuk meningkatkan hubungan kerjasama trade dan investment dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan ekonom negara anggota. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan variabel FDI, Impor, Ekspor dan Energy Consumption terhadap perkembangan ekonomi Negara ASEAN dan China pasca ACFTA. Fixed Effect Model (FEM) merupakan model terbaik yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini menggunakan data panel. Data dalam penelitian menggunakan cross section yang terdiri dari 5 (lima) Negara ASEAN dan China serta menggunakan data time series sebanyak 14 (empat belas) tahun dari tahun 2005 - 2019. Sumber data dalam penelitian ini adalah World Bank.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hanya variabel FDI yang tidak signifikan terhadap perkembangan ekonomi, sedangkan variabel ekspor, impor, dan konsumsi energi berpengaruh positif dan signifikan. Uji Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,9569, berarti 95,69?ri variasi variabel pertumbuhan ekonomi dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen.

Rekomendasi dari penelitian ini adalah: Pemerintah perlu mengevaluasi kebijakan investasi asing terhadap sektor yang berdampak ke ekonomi, pemanfaatan impor dari kesepakatan free trade agreement, pengoptimalan tingkat ekspor untuk bersaing di pasar global, perlu adanya pengawasan terhadap konsumsi energi agar tidak menjadi bumerang bagi perekonomian.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Dafpus.pdf
Dafpus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Izza Mafruhah,S.E. M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis