Penulis Utama : Siti Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1819087
Tahun : 2022
Judul : Tugas AkhirLayanan Penunjang Perpustakaan Berbasis InklusiSosial Di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof.Dr.Soeharso Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Siti Fatimah.D1819087.Layanan Penunjang Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof.Dr.Soeharso Surakarta. Tugas Akhir: Diploma III Perpustakaan, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2022.
 
Pada era kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang pesat masyarakat dituntut untuk mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Namun tidak seluruh masyarakat dapat beradaptasi dengan cepat karena terdapat kendala dalam setiap individu seperti adanya masalah sosial, Berkebutuhan khusus ataupun kendala secara ekonomi di setiap individu. Untuk membantu dalam penyetaraan pemahaman literasi terhadap masyarakat diperlukan wadah yang memberikan fasilitas yang dibutuhkan individu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki setiap individu.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan yang berada di perpustakaan khusus BBRSPDF Prof.Dr.Soeharso sebagai penunjang inklusi sosial dalam meningkatkan ilmu pengetahuan pemustaka serta faktor penghambat dan pendukung apa saja yang dijumpai dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa pelayanan yang ada di perpustakaan khusus BBRSPDF.Prof.Dr.Soeharso sebagai penunjang dalam proses peningkatan literasi informasi pemustaka meliputi : 1. Layanan Sirkulasi, layanan yang membantu PPKS dalam peminjaman buku yang berada di perpustakaan. , 2. Layanan penyebaran informasi terseleksi, layanan yang mengharuskan pustakwan aktif dalam memberikan dan membantu pemustaka untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, 3. Layanan komputer, layanan ini memberikan fasilitas teknologi dengan dsign yang disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas fisik untuk memudahkan penggunaan komputer, 4. Layanan braille, layanan yang memberikan koleksi khusus untuk penyandang tuna netra sehingga memudahkan dalam proses transfer informasi. Hambatan yang dijumapai dalam peningkatan literasi pemustaka adalah kurangnya sumber daya manusia dan koleksi yang kurang tertata sedang faktor pendukung proses peningkatan literasi pemustaka adalah memiliki fasilitas teknologi komunikasi dan memiliki tenaga pengajar khusus bagi pemustaka yang masih duduk dibangku sekolah dasar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos.,M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi