Penulis Utama : Alifia Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218007
Tahun : 2022
Judul : KONFLIK DAN NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AKU WONG KAFIR KARYA TULUS SETIYADI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Alifia Maharani. KONFLIK DAN NILAI SOSIAL DALAM NOVEL AKU WONG KAFIR KARYA TULUS SETIYADI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konflik sosial yang ada dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi; (2) mendeskripsikan nilai sosial yang ada dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi, serta; (3) mendeskripsikan relevansi konflik sosial dan nilai sosial dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi sebagai materi ajar di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data penelitian ini meliputi dokumen (novel Aku Wong Kafir) dan informan (guru Bahasa Jawa, siswa, dan ahli sastra). Data rumusan masalah satu dan dua penelitian ini adalah kata, frasa, dan kalimat dalam novel Aku Wong Kafir yang mengandung konflik dan nilai sosial. Data rumusan masalah ketiga adalah informasi yang bersumber dari informan  Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara.terbuka. Teknik uji validitas yang digunakan adalah trianggulasi teori dan trianggulasi sumber. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data model interkatif.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, konflik sosial yang ada dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi adalah kemiskinan, kejahatan, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat dan masalah lingkungan sosial. Kedua, Nilai sosial yang ada dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi adalah nilai tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, rasa memiliki, empati, toleransi, dan kerja sama. Ketiga, Konflik dan nilai sosial dalam novel Aku Wong Kafir karya Tulus Setiyadi relevan dijadikan sebagai materi ajar di SMA.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP