Penulis Utama : Agustina Hastini
NIM / NIP : D1419001
×

ABSTRAK

Film merupakan suatu media komunikasi massa yang digunakan sebagai sarana hiburan. Salah satu jenis dari film adalah film pendek, yaitu film yang berdurasi pendek dan simple namun bernuansa kompleks dengan durasi lama kurang dari 40 menit yang memiliki peran dan manfaat sebagai wadah untuk berekspresi dan bereksplorasi mengenai ide dan perasaan yang dimiliki oleh pembuatnya. Dan pada kesempatan ini penulis bersama tim kelompok membuat proyek karja film pendek bertema drama keluarga.

Adapun yang melandasi penulis tertarik untuk menciptakan karya film pendek ini adalah karena ditengah era semakin modernnya alat-alat komunikasi, orang-orang dengan sangat mudahnya dapat menikmati sajian hiburan kapanpun. Jika dahlu saat ingin menikmati tayangan hiburan, masyarakat harus menyaksikan melalui televisi konvensional, kali ini bisa lebih praktis misalnya lewat smartphone masing-masing. Dan dari garis besar program televisi yaitu berita dan non berita, film pendek ini termasuk dalam jenis yang ke-dua dengan judul “ELEGI AYU” yang berisi ungkapan kesedihan dan penyesalan.

Proyek tugas akhir ini dikerjakan oleh tujuh orang mahasiswa sebagai satu tim, yaitu: Produser, Sutradara, Penulis Skenario, Kameramen, Penata Artistik, Soundman, dan Editor. Penulis bertugas sebagai Penata Artistik yang merupakan salah satu jobdesk untuk mengawasi, mensupervisi dan memberikan arahan mengenai artistik dalam proses produksi film pendek tersebut. Penata Artistik juga harus bekerjasama dengan kru lain agar dapat tercipta maksud visual sesuai dengan skenario yang akan ditayangkan.

Berdasarkan hasil proses produksi film pendek berjudul “ELEGI AYU”, sebagai seorang Penata Artistik pada produksi film pendek, penulis bertugas sebagai penunjang dalam produksi film, utamanya dalam menciptakan suasana dalam sebuah produksi film tersebut. Penata artistik dapat mendukung suasana dan karakter pemain dalam layar dan termasuk juga sebagai daya tarik sebuah karya film, serta bertanggung jawab untuk mengoptimalkan dan mengarahkan efisiensi artistik sesuai jadwal produksi yang telah ditentukan, jangan sampai melebihi dari anggaran biaya yang telah disusun. Dan dengan pemahaman tersebut, penulis mengajukan saran-saran yaitu dibutuhkan perencanaan yang matang mulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga pasca produksi yang dilakukan oleh seluruh kru yang saling bekerja sama untuk membantu dan memenuhi semua jobdesk.

Kata Kunci: Film pendek, penata artistik, art director 

×
Penulis Utama : Agustina Hastini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1419001
Tahun : 2022
Judul : Peran Penata Artistik dalam Produksi Film Pendek yang Berjudul "Elegi Ayu"
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Film pendek, penata artistik, art director
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Henricus Hans Setyawan Prabowo, S.I.Kom, M.I.Kom
2. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.