Penulis Utama : Ainaini Khalidah
NIM / NIP : K4218002
×

Ainaini Khalidah. K4218002. DEIKSIS PAWARTA DI MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR BAHASA JAWA DI SMK SAKTI GEMOLONG. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk deiksis dalam pawarta di majalah Panjebar Semangat, fungsi deiksis dalam pawarta di majalah Panjebar Semangat, dan relevansi pemanfaatan hasil analisis deiksis dalam pawarta di majalah Panjebar Semangat sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMK Sakti Gemolong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dianalisis dengan pendekatan pragmatik. Data dari penelitian ini adalah bentuk-bentuk deiksis yang berasal dari pawarta di majalah Panjebar Semangat pada bulan Juli sampai September 2021 (No. 27-39) dengan mengambil satu sampel di setiap edisi yang mengandung deiksis. Pawarta yang dipilih juga berdasarkan pada topik yang dapat diterima oleh siswa SMK serta hasil wawancara dari beberapa informan seperti guru bahasa Jawa, siswa, dan ahli bahasa mengenai hasil analisis deiksis pada pawarta yang dimanfaatkan sebagai materi ajar. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai teknik pemilihan subjek, sedangkan data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan wawancara. teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Bentuk deiksis yang ditemukan pada majalah Panjebar Semangat diantaranya yakni deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial. Terdapat beberapa fungsi yang ditemukan pada deiksis pada pawarta di Majalah Panjebar Semangat diantaraya; (1) fungsi deiksis persona yakni merujuk pada orang yang berbicara, merujuk pada orang yang berbicara bersama dengan orang lain termasuk yang diajak bicara (inklusif), merujuk pada mitra tutur penutur atau lawan berbicara, merujuk pada orang yang dibicarakan, dan merujuk pada orang yang dibicarakan beserta sifat kepemilikan. (2) fungsi deiksis tempat yakni merujuk pada tempat yang dekat, agak jauh, jauh dengan penutur. (3)fungsi deiksis waktu yakni merujuk pada waktu yang lampau, kini, dan waktu mendatang. (4) fungsi deiksis wacana yakni merujuk pada hal yang sudah disebutkan (anafora) dan merujuk pada hal yang akan disebutkan (katafora). (5) fungsi deiskis sosial terdiri dari pembeda status sosial penunjuk kata sapaan, alat memperjelas kedekatan hubungan kekerabatan, pembeda tingkat status sosial masyarakat penunjuk gelar, pembeda status sosial seseorang berupa penunjuk gelar kebangsawanan, pembeda tingkat status sosial seseorang yang berdasar pada penyebutan jabatan, dan menjaga sopan santun berbahasa. Deisksis pawarta yang ada di majalah Panjebar Semangat ini relevan dan dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar pada pembelajaran bahasa Jawa tepatnya pada kompetensi dasar menelaah teks pawarta di kelas X semester gasal. Analisis deiksis dalam penelitian ini mengetahui deiksis–deiksis yang digunakan pada pawarta yang ada di majalah Panjebar Semangat dapat digunakan sebagai materi ajar siswa kelas X di SMK Sakti Gemolong. Teori- teori dan kalimat yang mengandung deiksis yang terdapat pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai materi ajar dalam kompetensi dasar tersebut atau dapat dijadikan sumber ide bagi guru sebagai bahan untuk memberikan contoh-contoh bentuk pemakaian kata ganti sekaligus sebagai contoh model pemakaian bahasa.

×
Penulis Utama : Ainaini Khalidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218002
Tahun : 2022
Judul : Deiksis Pawarta di Majalah Panjebar Semangat dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa di SMK Sakti Gemolong
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : deiksis, fungsi deiksis, pawarta, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Tya Resta Fitriana, S.Pd,M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, SS.,M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.