Penulis Utama : Dinda Ayu Tiara
NIM / NIP : K3118017
×

Dinda Ayu Tiara. K3118017. Hubungan Emotional Intelligence terhadap Interpersonal Communication Skill Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat emotional intelligence yang dimiliki oleh peserta didik kelas X SMA N 1 Surakarta, (2) mendeksripsikan tingkat interpersonal communication skill yang dimiliki oleh peserta didik kelas X SMA N 1 Surakarta (3) mendeksripsikan hubungan emotional intelligence terhadap interpersonal communication skill peserta didik kelas X di SMA N 1 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis emotional intelligence dan interpersonal communication skill. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 1 Surakarta sebanyak 360 peserta didik. Pegambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperolah sampel sebanyak 189. Uji validitas ahli dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V diperoleh hasil validitas tinggi atau baik dan uji validitas konstruk dianalisis dengan bantuan SPSS 26 menggunakan Product Momen Pearson diperoleh hasil 21 item valid pada skala emotional intelligence dan 21 item valid pada skala interpersonal communication skill. Uji reabilitas instrumen menggunakan analisis Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS 26 diperolah hasil 0,860 dan 0,844 dengan predikat andal.

Berdasarkan hasil statistik deskriptif bahwa tingkat emotional intelligence dan interpersonal communication skill peserta didik kelas X menunjukkan hasil dengan mayoritas sedang dan tidak ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara tingkat emotional intelligence dan interpersonal communication skill peserta didik perempuan dengan laki-laki dan tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara siswa jurusan MIPA dan IPS. Berdasarkan hasil uji korelasi antara emotional intelligence dan interpersonal communication skill diperoleh nilai 0,416 < 0>emotional intelligence dan interpersonal communication skill yang dimiliki peserta didik.

 

 

 

×
Penulis Utama : Dinda Ayu Tiara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118017
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Emotional Intelligence terhadap Interpersonal Communication Skill Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Emotional intelligence, Intepersonal communication skill,Peserta didik SMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd
2. Adi Dewantoro, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.