Penulis Utama : Aprilia Tri Utami
NIM / NIP : K2317005
×

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis penilaian dengan program Adobe Flash Professional CS 6 pada materi Momentum dan Impuls untuk siswa kelas X SMA; (2) mengetahui hasil penilaian media pembelajaran berbasis penilaian dengan program Adobe Flash Professional CS 6 pada materi Momentum dan Impuls untuk siswa kelas X SMA; (3)mengetahui spesifikasi media pembelajaran fisika berbasis penilaian dengan menggunakan program adobe flash professional cs 6 pada materi momentum dan impuls untuk siswa kelas X SMA yang berkriteria baik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis; (2) design; (3) development. Data yang diperoleh yaitu data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Sumber data berasal dari 2 orang ahli, 3 orang guru Fisika SMA, 5 orang teman sejawat, dan 36 orang siswa. Semua guru dan siswa berasal dari SMA Negeri 5 Surakarta. Sedangkan teman sejawat terdiri dari 5 orang mahasiswa Pendidikan Fisika yang memiliki pengalaman mengembangkan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan persentase komponen angket.
Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis penilaian meliputi: (a) tahap analisis yaitu tahap dilakukan analisis berbagai permasalahan dan kebutuhan yang ada dalam proses pembelajaran; (b) tahap desain yaitu tahap pembuatan flowchart dan stroryboard media pembelajaran dan instrumen penelitian; (c) tahap pengembangan yaitu tahap dilakukan proses validasi, penilaian oleh user (guru dan teman sejawat), uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan.
(2)    Hasil akhir dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis penilaian yang memenuhi kategori sangat baik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. (3) spesifikasi produk media pembelajaran berbasis penilaian yang berkriteria baik yaitu media pembelajaran berbasis penilaian dengan program adobe flash professional cs 6 berupa tiga aplikasi media pembelajaran dengan sub materi yang berbeda diantaranya sub materi hukum kekekalan momentum, momentum dan impuls, dan tumbukan untuk memudahkan siswa dalam belajar yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi mobile android dan perangkat laptop.

Kata kunci: Media Pembelajaran, AfL, Adobe Flash Professional CS 6, Momentum dan Impuls

 

×
Penulis Utama : Aprilia Tri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317005
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Penilaian dengan Program Adobe Flash Professional Cs 6 pada Materi Momentum dan Impuls Untuk Siswa Kelas X SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2317005
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Elvin YuslianaEkawati, S.Pd, M.Pd.
2. Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.