Penulis Utama : Yuriz Ananda Santika
NIM / NIP : K2317071
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis Assessment for Learning (AfL) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA Kelas X.  (2) Mendiskripsikan karakterisitik dan kevalidan produk perangkat pembelajaran fisika berbasis Assessment for Learning (AfL) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMA Kelas X.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran yang dilakukan terdiri dari lima tahap yaitu (1) analyze, (2) design, (3) development, dan untuk (4) implementasion dan (5) evaluation menggunakan data sekunder. Terdapat dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif dimana sumber data diperoleh dari 2 orang ahli, 5 teman mahasiswa, 3 guru Fisika SMA, dan 36 orang siswa di SMA N 1 Sukoharjo.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan model Assessment for Learning (AfL) berupa RPP, media pembelajaran, dan instrumen penilaian pengetahuan. RPP yang dikembangkan terdiri dari satu RPP dengan tiga kali pertemuan, sedangkan media pembelajaran terdiri dari tiga media dengan masing-masing media meliputi satu sub materi, dan untuk instrumen penilaian pengetahuan terdiri dari 40 soal pilihan ganda yang dibuat dalam bentuk google form. Perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian siswa dilihat pada saat tahap implementasi melalui hasil PTK (Penelitian Tindakan Kelas) antara lain: prasiklus yaitu 43,17%, siklus I yaitu 71%, dan siklus II yaitu 83%. Prosentase tersebut memperlihatkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. (2) hasil akhir dari penelitan ini adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh penilaian validasi sebesar 0,92 dengan kategori valid. Media pembelajaran memperoleh penilaian validasi sebesar 0,91 dengan kategori valid, selain dengan penilaian validasi, media pembelajaran juga diuji menggunakan uji coba satu-satu dan kelompok kecil dan memperoleh kategori baik, sedangkan untuk uji coba lapangan mendapatkan kategori sanagt baik. Adapaun hasil estimasi terhadap reliabilitas instrumen penilaian kognitif sebesar 0,867 untuk 26 soal yang diterima sehingga kriteria reliabilitas yang diperoleh adalah sangat tinggi.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Assessment for Learning (AfL)

 

×
Penulis Utama : Yuriz Ananda Santika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317071
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Assessment For Learning (AFL) Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMA Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2317071
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.